Jateng
Rabu, 25 Oktober 2017 - 04:50 WIB

BENCANA BATANG : Bantuan Korban Puting Beliung Segera Cair

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi rumah korban bencana alam puting beliung. (JIBI/Solopos/Dok.)

BENCANA BATANG : Bantuan Korban Puting Beliung Segera Dicairkan

Bencana puting beliung di Batang, Jateng segera disususl bantuan bagi para korbannya.

Advertisement

Semarangpos.com, BATANG — Pemerintah Kabupaten Batang siap menyalurkan bantuan sosial kepada korban bencana alam puting beliung di Kecamatan Wonotunggal, Bandar, dan Blado.

“Melalui Surat Keputusan Bupati Batang tentang Standardisasi dan Kriteria Bantuan Sosial, pemkab akan memberikan bantuan sosial kepada para korban bencana alam yang rumahnya mengalami rusak,” kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Batang Suprapto di Batang, Jawa Tengah, Selasa (24/10/2017).

Bantuan kepada korban angin langkisau (puting beliung) itu sebagai bentuk perhatian pemkab, katanya. Sesuai dengan SK Bupati, rumah berkategori rusak ringan mendapat bantuan sosial sebesar Rp750.000/rumah, rusak kategori sedang Rp1,5 juta, dan rusak berat Rp4,5 juta per rumah.

Advertisement

Ia menyebutkan jumlah kerusakan rumah akibat angin langkisau di tiga kecamatan itu sebanyak 38 rusak ringan, 11 rusak sedang, dan 1 rusak berat. Selain bantuan sosial, BPBD juga membantu seng dan tripleks sesuai dengan skala prioritas dan PMI membantu tiga paket sembako, katanya.

Ia meminta pemerintah desa segera membuat laporan dan permohonon bantuan sosial dengan lampiran fotokopi kartu keluarga, kartu tanda penduduk, surat keterangan miskin, dan foto fisik rumah yang rusak agar pencairan bantuan sosial itu terealisai. “Bagi kepala desa, kami minta segera membuat surat permohonan agar bantuan sosial cepat terealisasi, termasuk bansos untuk operasional biaya pengobatan bagi korban yang mengalami patah tulang,” katanya.

Kepala Bagian Huhungan Masyarakat Kabupaten Batang Triossy Juniarto mengatakan bahwa Bupati Batang Wihaji telah menyambangi korban bencana dan menginstruksikan agar mereka mendapatkan bantuan sosial. “Bupati sudah menggelar rapat untuk mengumpulkan data kerusakan akibat angin ribut untuk mengambil langkah-langkah dalam penanggulangan bencana serta memberikan bantuan,” katanya.

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif