Jogja
Selasa, 24 Oktober 2017 - 07:20 WIB

Terdampak Bandara, Puskesmas Temon akan Dipindah ke Rumah Warga

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Paramedis puskesmas siap melayani masyarakat. (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Temon II akan dipindah ke rumah warga

Harianjogja.com, KULONPROGO-Pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Temon II akan dipindah ke rumah warga, di Dusun Plempukan, Desa Sindutan, mulai 25 Oktober 2017. Sementara itu, gedung Balai Desa Palihan akan digunakan sebagai gudang obat serta alat kesehatan.

Advertisement

Kepala Seksi Pemerintahan Desa Palihan, Agus Bintoro mengungkapkan, ruang di balai desa yang akan digunakan sebagai gudang Puskesmas adalah ruang yang biasanya digunakan untuk pertemuan, dengan kapasitas 25-50 orang.

Saat ini pemerintah desa telah mengosongkan gudang tersebut. Ruang itu sedianya digunakan Puskesmas Temon II, hingga gedung Puskesmas yang baru selesai dibangun.

Ia menyebut, pemerintah desa tidak merasa aktivitasnya menjadi terkendala, dengan rencana pemindahan gudang Puskesmas tersebut.

Advertisement

“Nanti kalau ada pertemuan, kami akan menggunakan balai desa bagian depan,” kata dia, Senin (23/10/2017).

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kulonprogo, Bambang Haryatno menjelaskan, pembangunan gedung baru untuk Puskesmas Temon II belum dapat dimulai.

Namun sudah masuk dalam skala prioritas pembangunan yang harus dibiayai dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2018, bersumber dari Dana Alokasi Khusus. Menurut dia, pembangunan Puskesmas itu membutuhkan dana sekitar Rp5,5 miliar.

Advertisement

Ia menjelaskan, selama ini Puskesmas Temon II memberikan pelayanan kesehatan warga Desa Palihan, Sindutan, Jangkaran, Janten, Karangwuluh, Kebonrejo dan sebagian warga Desa Glagah.

“Proses pemindahan dipastikan tidak mengganggu pelayanan kesehatan di Puskesmas Temon II. Untuk pemindahan tempat pelayanan kesehatan dan menyewa tempat di Desa Palihan, Pemkab sudah mengalokasikan anggaran di perubahan APBD 2017,” ungkapnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif