News
Senin, 23 Oktober 2017 - 17:42 WIB

Survei Polmark Sebut Elektabilitas PDIP Jauh Lampaui Partai Lain

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyampaikan sambutan pada acara ramah tamah Kongres IV PDIP di Hotel Inna Grand Bali Beach, Rabu (8/4/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Andika Wahyu)

Survei Polmark Indonesia menunjukkan elektabilitas PDIP jauh di atas partai-partai lainnya.

Solopos.com, JAKARTA — Lembaga survei PolMark Indonesia mengeluarkan hasil penelitiannya terkait tingkat elektabilitas partai politik menjelang Pilkada Serentak 2018 dan Pilpres 2019. Dari hasil survei yang dilakukan PDIP unggul dibandingkan partai-partai lain.

Advertisement

Bahkan selisihnya sangat jauh dengan Golkar yang berada di urutan dua. Partai pimpinan Megawati itu mendapat dukungan 25,1 persen dari responden. Partai Golkar di urutan kedua hanya mendapatkan 9,2 persen. Sedangkan urutan ketiga Partai Gerindra mendapatkan dukungan 7,1 persen.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) nyodok ke urutan ke-4 dengan perolehan 6,3 persen. Partai berbasis massa NU ini menggusur Partai Demokrat pada Pemilu 2014 lalu. Partai Demokrat turun satu tingkat berada di urutan ke kelima dengan 5,3 persen diiukuti PAN 3,6 persen.

CEO PolMark Eef Saefullah Fatah tidak bersedia membuka siapa yang membiayai pelaksanaan survei. Tapi dia memastikan bukan dibiayai Jokowi atau Prabowo. “Pihak yang memberi biaya tidak bersedia dipublikasikan. Dia hanya mempersilakan hasil survei kami dipublikasikan,” kata Eep Saefulloh di kawasan SCBD, Jakarta, Minggu (22/10/2017).

Advertisement

Berikutnya, perolehan di bawah parliamentary threshold 3,5 persen (tak lolos parlemen) yakni NasDem 2,8 persen, PKS, dan PPP sama-sama dapat 2,4 persen. Perindo 1,7 persen, Hanura 0,3 persen, PBB 0,2 persen. Sedangkan PKPI, PSI dan Partai Idaman 0 persen.

Sementara itu yang menjawab golput sebanyak 1,3 persen, rahasia 8,5 persen, dan tidak tahu atau tidak sebanyak 23,8 persen. Survei dilakukan pada 9–20 September. Populasi survei WNI seluruh Indonesia yang memiliki hak pilih. Jumlah responden 2250 orang dengan metode multistage random sampling. Margin of error 2,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam surveinya, Polmark juga menanyakan kesukaan dan popularitas repondennya dengan partai politik. Hasilnya sejajar dengan tingkat eletabilitas. Kesukaan terhadap PDIP sebanyak 63,2 persen, Golkar 58,6 persen, Demokrat 51,2 persen, Gerindra 46,9 persen.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Pemilu 2019 Pilpres 2019
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif