Soloraya
Senin, 23 Oktober 2017 - 20:15 WIB

PERNIKAHAN PUTRI JOKOWI : PKL Ini Dipercaya Sediakan 4.000 Porsi Satai Kere untuk Resepsi Kahiyang

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pedagang satai kere, Ngatmi, meracik satai kere di Jl. Arifin, Kepatihan Kulon, Jebres, Solo, Senin (23/10/2017). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Tidak kurang dari 4.000 porsi satai kere akan disajikan di resepsi pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu.

Solopos.com, SOLO — Satai kere akan terhidang di acara pernikahan Putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, dengan Muhammad Bobby Afif Nasution, 8 November mendatang. Satai itu dipesan dari pedagang kaki lima (PKL) dengan jumlah mencapai 4.000 porsi.

Advertisement

PKL yang mendapat kepercayaan dari keluarga Presiden untuk menyajikan satai kere tersebut adalah Tugiyem, 55. Tugiyem kesehariannya berjualan satai kere dengan menggunakan gerobak di Jl. Arifin, Kelurahan Kepatihan Wetan, Jebres, Solo. (Baca: 1.100 Loyang Markobar untuk Tamu Resepsi Kahiyang)

Tugiyem memang sering mendapat pesanan dari keluarga Presiden untuk menghidangkan satai kere. Beberapa kali Tugiyem dan kakaknya, Ngatmi, 65, bahkan diminta datang ke kediaman Presiden untuk mengantar atau menyajikan satai kere bikinan mereka saat Presiden Jokow pulang.

Advertisement

Tugiyem memang sering mendapat pesanan dari keluarga Presiden untuk menghidangkan satai kere. Beberapa kali Tugiyem dan kakaknya, Ngatmi, 65, bahkan diminta datang ke kediaman Presiden untuk mengantar atau menyajikan satai kere bikinan mereka saat Presiden Jokow pulang.

“Sudah cukup sering adik saya dipanggil Pak Presiden. Kalau Bapak sedang di rumah, kadang adik saya atau saya juga ikut dipanggil untuk mengantar satai kere,” kata Ngatmi saat ditemui wartawan di sela-sela berjualan di Jl. Arifin, Senin (23/10/2017).

Ngatmi dan Tugiyem sama-sama berjualan satai kere di Jl. Arifin. Mereka berjualan di tempat yang sama. Ketika Ngatmi berjualan, Tugiyem tidak berjualan, begitu juga sebaliknya.

Advertisement

Tujuh tusuk satai tersebut terdiri dari bermacam isian mulai dari tempe gembus, tempe kedelai, iso, babat, kikil, dan ginjal. “Nanti saya yang membantu menyiapkan satai kere untuk acara pernikahan Mbak Kahiyang. 2.000 porsi satai kere disiapkan pada pukul 07.00 WIB. Sedangkan 2.000 porsi satai kere lainnya disiapkan untuk pukul 19.00 WIB,” jelas Ngatmi.

Ngatmi mengatakan 4.000 porsi satai kere bakal dibuat di rumahnya dan rumah Tugiyem. Setelah dibuat, satai kere bakal diantar ke Graha Saba Buana yang menjadi lokasi acara pernikahan Kahiyang.

Namun sebelum disajikan kepada tamu pernikahan Kahiyang, satai kere bakal dibakar lagi supaya hangat dan lebih nikmat disantap. Dirinya atau Tugiyem bakal menjaga stan menu satai kere di acara pernikahan Putri Presiden.

Advertisement

Dia menyebut jika dijual pada hari biasa, satai kere dijual dengan harga Rp25.000 per porsi. Ngatmi tidak tahu satai kere bikinannya dan Tugiyem nanti bakal dihargai berapa oleh keluarga Presiden saat menjadi menu acara pernikahan Kahiyang.

“Yang urus uang nanti adik saya. Jadi saya tidak tahu satai kere dibeli dengan harga berapa oleh Bapak Presiden. Saya bikin saja satai kere yang enak. Nanti saya dengan adik saya paling tidak dibantu 10 orang untuk menyiapkan 4.000 porsi satai kere. Ada yang bertugas memotong lontong, bakar satai di rumah, dan bantu jaga stan makanan,” jelas Ngatmi.

Ngatmi mengklaim dirinya maupun adiknya kerap juga menerima pesanan dalam jumlah besar dari selain keluarga Presiden. Mereka mendapat pesanan untuk pelaksanaan acara pernikahan maupun ulang tahun.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif