You can stop corruption. (Foto: tugassekolah.com) You can stop corruption (Dok)
Senin, 23 Oktober 2017 06:00 WIB Kolom Share :

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com.

Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian merupakan wacana lama yang mengemuka pada 2013.

Saat itu wacana tersebut mengemuka dalam fit and proper test Jenderal Suparman sebagai calon kapolri. Dua orang anggota Komisi III DPR, yaitu Ahmad Yani dan Bambang Susatyo, mengusulkan agar dibentuk Detasemen Khusus Antikorupsi di institusi kepolisian.

Gagasan itu sebagai upaya mengoptimalkan pemberantasan korupsi melalui lembaga kepolisian. Setelah Kapolri Jenderal Suparman dilantik ternyata sampai habis masa jabatannya rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi tidak kunjung terwujud.

Pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang rencannya akan dilaksanakan pada 2018 akan menyamai Komisi Pemberantasan Korupsi, baik dari segi angggaran maupun personel.

Selama ini kepolisian telah memiliki unit yang menangani masalah orupsi yang sering disebut sebagai unit tindak pidana korupsi.

Selanjutnya adalah: Unit reserse ini menangani secara khusus perkara korupsi…

lowongan pekerjaan
BMT ALFA DINAR, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…