Jogja
Senin, 23 Oktober 2017 - 06:20 WIB

Budaya Indonesia Maju, Tapi Terhambat?

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Buya Syafii Maarif (kanan) saat menjadi keynote speaker dalam Seminar Nasional Bisikan Dari Jogja terkait Refleksi Evaluasi dan Rekomendasi Bidang Kebudayaan Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi-JK, Sabtu (21/10/2017) di Jogjakarta Plaza Hotel. (Harian Jogja/Abdul Hamid Razak)

Kesenian berkembang pesat hanya saja pemerataan masih perlu ditingkatkan

Harianjogja.com, SLEMAN-Selama masa tiga tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo, sisi kebudayaan disebut-sebut berkembang pesat. Sayangnya, ada upaya menghambat perkembangan itu.

Advertisement

Ketua Panitia Seminar Nasional Bisikan Dari Jogja terkait Refleksi Evaluasi dan Rekomendasi Bidang Kebudayaan Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi-JK Baskara T Wardaya mengatakan, focus group discussion (FGD) tersebut nantinya akan menghasilkan rekomendasi bagi pemerintah. Baik terkait nilai-nilai budaya yang berkembang saat ini, maupun dinamika budaya sosial.

“Apakah budaya mendorong relasi sosial yang baik atau tidak? Termasuk pada perkembangan aspek kesenian, inovasi teknologi dan lainnya,” kata Baskara di Jogjakarta Plaza Hotel, Sabtu (21/10/2017).

Dia menilai, tiga tahun pemerintahan Jokowi di bidang kebudayaan berkembang pesat. Masyarakat semakin terbuka. Hanya saja di saat yang sama, ada upaya-upaya untuk menghambat itu.  “Muncul kelompok-kelompok yang mengatasnamakan agama,  etnis tertentu yang justru bertentangan dengan Pancasila dan NKRI, ” jelasnya.

Advertisement

Baca juga : Buya Syafii Sebut Mental Masyarakat Masih Terjajah

Kebersamaan masyarakat,  lanjutnya,  juga sering terganggu oleh dinamika Pilkada. Kesenian berkembang pesat hanya saja pemerataan masih perlu ditingkatkan. “Pemerintah perlu mengembalikan semangat bangsa ini ke bangsa yang inklusif dan transformatif. Agar produksi ide-ide di segala bidang dapat bermanfaat bagi dunia bukan hanya Indonesia, ” usulnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif