Jateng
Minggu, 22 Oktober 2017 - 15:50 WIB

Polres Kudus Dorong Warga Aktifkan Siskamling

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi kegiatan sistem keamanan lingkungan (siskamling). (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Polres Kudus mendorong warga kembali mengaktifkan Siskamling.

Semarangpos.com, KUDUS — Polres Kudus mendorong masyarakat setempat untuk kembali mengaktifkan sistem keamanan lingkungan (siskamling) guna mencegah kemungkinan terjadinya gangguan keamanan lingkungan sekitar. “Jika siskamling diaktifkan kembali, kami optimistis keamanan kampung akan semakin meningkat,” kata Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning di sela-sela memberikan pengarahan kepada kepala Poskamling se-Kabupaten Kudus di Mapolres Kudus, Rabu (18/10/2017).

Advertisement

Menurut dia, kehadiran poskamling memang dibutuhkan dalam menjaga keamanan kampung, mengingat jumlah personel polisi terbatas. Ia mengingatkan bahwa untuk menciptakan keamananan di suatu wilayah tidak bisa muncul dengan sendirinya, melainkan harus diciptakan berasama-sama.

Salah satunya, kata dia, dengan mengaktifkan kembali Siskamling di setiap kampung. “Poskamling yang sebelumnya ada, perlu diperbaiki kembali dan masyarakatnya perlu diajak untuk menjaga keamanan wilayah sekitar,” ujarnya.

Beberapa bulan terakhir, kata dia, kasus pencurian pada malam hari meningkat, sehingga ketika peran poskamling dimaksimalkan, tentunya kasus kejahatan pada malam hari bisa ditekan. “Dengan adanya Siskamling, setidaknya setiap malam ada warga yang berjaga-jaga di lingkungan sekitar, sehingga bisa mengamankan wilayah sektiar,” ujarnya.

Advertisement

Selain itu, kata dia, keberadaan poskamling juga penting karena dalam waktu dekat Kabupaten Kudus akan memasuki tahun politik. “Karena pada tahun 2018 bertepatan dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah tingkat kabupaten dan provinsi, kemudian tahun berikutnya pelaksanaan Pemilu Legislatif,” ujarnya.

Biasanya, kata dia, ketika memasuki tahun politik, setiap malam akan ramai berbagai aktivitas dari masing-masing tim sukses. Pada kesempatan tersebut, Kapolres Kudus juga meminta masing-masing kapolsek menindaklanjuti imbauan untuk mengaktifkan kembali Poskamling.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement

 

Advertisement
Kata Kunci : Polres Kudus Siskamling
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif