Jogja
Sabtu, 21 Oktober 2017 - 01:20 WIB

Warga Cangkringan Diminta Waspada Banjir

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - BANJIR LAHAR DINGIN—Aliran lahar Merapi membawa material terpantau di wilayah Bronggang, Argomulyo, Cangkringan. Senin (19/12). Lereng Merapi diguyur hujan selama beberapa hari terakhir dan berpotensi memicu banjir lahar dingin.(HARIAN JOGJA/AKHIRUL ANWAR)

Memasuki musim penghujan, masyarakat Cangringan diingatkan untuk mewaspadai potensi bencana banjir

Harianjogja.com, SLEMAN-Memasuki musim penghujan, masyarakat Cangringan diingatkan untuk mewaspadai potensi bencana banjir. Masyarakat yang bermukin di bantaran sungai diminta siaga ketika hujan datang terus menerus.

Advertisement

Hal itu disampaikan oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo saat safari jumat di Argomulyo, Jumat (20/10/2017). “Karena banjir bisa datang sewaktu-waktu jika datang terus menerus,” ujarnya.

Selain itu, masyarakat juga diminta menyiapkan diri dalam hal kesehatan khususnya mengantisipasi penyakit demam berdarah.

Selama musim hujan, warga diharpkan peka menguras bak mandi atau genangan air yang mungkin didiami jentik. Wadah air seperti bak atau kolam harus selalu dikuras. Sedangkan sampah salah satunya kaleng bekas, yang kerap luput dari perhatian, ujar bupati, juga harus dibuang.

Advertisement

Wilayah Sleman utara sendiri saat ini dinyatakan sudah masuk dalam awal musim hujan. Pasalnya, curah hujan dalam satu dasariannya sudah lebih dari 50 mm. Djoko Budiyono, Kepala kelompok Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Yogyakarta mengatakan wilayah utara memang cenderung duluan. “Utara kisaran Merapi sudah terdeteksi musim hujan,” katanya sebelumnya.

Curah hujan ini akan semakin meningkat hingga puncaknya pada Januari hingga Februari mendatang. Sebagian besar wilayah DIY lainnya diperkirakan akan mulai menyusul masuk musim hujan pada periode 20 sampai 30 Oktober. Sedangkan Gunungkidul akan menjadi daerah terakhir yang diguyur hujan pada pertengahan November.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif