News
Sabtu, 21 Oktober 2017 - 07:00 WIB

Viral Sebutan Kids Jaman Now, Ini yang Benar Versi Kemendikbud

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kids zaman now menurut Kemdikbud (Instagram)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengoreksi kesalahan penulisan di sebutan Kids Jaman Now.

Solopos.com, SOLO – Sebutan populer untuk anak-anak kekinian atau anak zaman sekarang, kids jaman now secara teori tidak benar.  Meski demikian, sebutan tersebut sudah terlanjur populer dan seolah-olah mendapat legitimasi sehingga menjadi dianggap benar. Berusaha meluruskan hal itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merilis imbauan penulisan yang benar.

Advertisement

Imbauan tersebut diunggah di akun Instagram @kemdikbud.ri, Rabu (18/10/2017). Dalam unggahan itu Kemdikbud awalnya menyoroti penulisan kata jaman. Kata tersebut tidak ada di Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (Puebi), yang benar adalah zaman.

“#SahabatDikbud, akhir-akhir ini kita sering mendengar kata “Kids jaman now”. Penulisan yang benar adalah “zaman” ya, bukan “jaman”,” tulis @kemdikbud.ri.

Advertisement

“#SahabatDikbud, akhir-akhir ini kita sering mendengar kata “Kids jaman now”. Penulisan yang benar adalah “zaman” ya, bukan “jaman”,” tulis @kemdikbud.ri.

Melanjutkan imbauannya, kemdikbud mengharap warga Indonesia memakai bahasa Indonesia sesuai Puebi. “Lebih baik lagi kalau kita menggunakan bahasa Indonesia untuk seluruh kalimat,” lanjut @kemdikbud.ri.

Imbauan kemdikbud itu mendapat beragam komentar dari warganet. Ada yang baru tahu kalau penulisan yang benar seperti itu, ada juga yang menyatakan jaman itu bahasa Jawa, hingga menyebut fenomena itu termasuk campur kode dan alih kode.

Advertisement

“Nah, ini baru kata yang baku,” tulis @adinnurfadillah.

“Sekarang meme bahasanya campur-campurt ni Pak Menteri. Lebih bagus pakai bahasa Indonesia, walaupun salah-salah, setidaknya tidak dicampur aduk sama bahasa asing,” tulis @a_puka.

“Itu campur kode Min,” tulis @gatot.ardian.

Advertisement

“Ini admin zaman now,” tulis @saranratih_

#SahabatDikbud, akhir-akhir ini kita sering mendengar kata “Kids jaman now”. Penulisan yang benar adalah “zaman” ya, bukan “jaman”. Lebih baik lagi kalau kita menggunakan bahasa Indonesia untuk keseluruhan kalimat ?. Yuk, budayakan menulis ejaan bahasa Indonesia sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) ?. #PUEBI #CintaBahasaIndonesia #bahasa #bahasaindonesia #belajarbahasa

A post shared by Kemdikbud.RI (@kemdikbud.ri) on

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif