Jateng
Sabtu, 21 Oktober 2017 - 10:50 WIB

PASAR TRADISIONAL SEMARANG : Pembangunan Pasar Johar Dimulai, Pemkot Targetkan 2 Bulan Selesai  

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dua pekerja tengah bersiap melakukan pengerjaan proyek tahap pertama pembangunan Pasar Johar, Jumat (20/10/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Pasar tradisional Semarang yang terbakar pada 2015 lalu, yakni Pasar Johar, pembangunannya telah dimulai.

Semarangpos.com, SEMARANG – Kawasan Pasar Johar yang terbakar pada 2015 silam, pembangunannya mulai dikerjakan Jumat (20/10/2017). Pembangunan pasar yang diklaim terbesar di kawasan Asia Tengara itu meliputi gedung baru dan gedung cagar budaya.

Advertisement

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, menjelaskan pembangunan kompleks Pasar Johar akan dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap pertama yang dimulai Jumat ini meliputi pembangunan Pasar Johar Baru atau yang dikenal dengan nama Pasar Kanjengan di tanah seluas 50 meter x 50 meter.

“Untuk tahap pertama, yang meliputi bangunan Pasar Johar akan menelan biaya mencapai Rp93 miliar. Harapan kami [pembangunan tahap pertama] selesai bulan Desember nanti,” tutur Hendi, sapaan Wali Kota Semarang kepada wartawan seusai acara groundbreaking pembangunan Pasar Johar Baru di kawasan Pasar Johar, Semarang, Jumat siang.

Hendi menambahkan setelah tahap pertama selesai, pembangunan kawasan Pasar Johar akan dilanjutkan ke tahap berikutnya yang meliputi alun-alun dan gedung cagar budaya.

Advertisement

“Ini keroyokan [dana pembangunan] untuk pembangunan alun-alun menghabiskan dana Rp50 miliar yang kita anggarkan dari APBD 2018. Sementara, untuk gedung cagar budaya berasal dari sumbangan Kementerian PUPR [Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat]. Sedangkan dari provinsi belum, tapi kami yakin Pak Ganjar [Pranowo, Gubernur Jateng] akan melengkapi anggaran provinsi untuk Pasar Johar ini,” ujar Hendi.

Kontraktor Pasar Johar dari PT SCS, Suharto, mengaku siap memenuhi target pengerjaan tahap pertama Pasar Johar atau pembangunan Pasar Kanjengan dalam kurun waktu 60 hari atau sekitar 2 bulan. Pada tahap pertama itu, pihaknya akan melakukan pengerjaan berupa pemancangan pondasi boorpile, konstruksi empat lantai, serta pembangunan kios dan lapak di lantai kesatu dan kedua.

“Untuk lantai satu nanti ada 50 kios dan 150 lapak, sedang lantai kedua 24 kios dan 100 lapak. Diharapkan tahun ini selesai sampai lantai kedua, setelah itu ada kelanjutan proyek ini,” ujar Suharto.

Advertisement

Suharto menyebutkan demi mengejar target penyelesaian, pihaknya bakal memberlakukan sistem shift kepada para pekerja hingga pukul 22.00 WIB. Jumlah pekerja pada proyek ini juga akan ditambah mencapai 300 orang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif