Soloraya
Sabtu, 21 Oktober 2017 - 10:35 WIB

Dana Rp200 Miliar dari Donatur Siap untuk Bangun Masjid Taman Sriwedari Solo

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wakil Wali Kota Solo menyerahkan buku kenangan kepada Ketua IPHI Solo H. Subari di Gedung IPHI, Baron, Solo, Sabtu (21/10/2017). (Istimewa/Humas Pemkot Solo)

Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo memastikan dana pembangunan Masjid Raya Sriwedari telah siap.

Solopos.com, SOLO — Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo menyatakan dana dari donatur senilai Rp200 miliar untuk Masjid Taman Sriwedari telah siap, sehingga pembangunannya bisa segera dilaksanakan.

Advertisement

“Oleh karena itu kami mohon doa restu bapak ibu sekalian agar pembangunan masjid di Sriwedari segera terlaksana, ” kata Purnomo saat memberi sambutan pada acara Mangayubagyo Kedatangan Jamaah Haji Kota Solo di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), Baron, Solo, Sabtu (21/10/2017).

Haji asal Solo tahun ini berjumlah 619 orang terbagi menjadi tiga kloter yakni kloter 36, 84, dan 85. Haji yang merupakan gabungan dari sejumlah Kelompok Bimbingan Haji Indonesia (KBIH) di Kota Solo itu telah kembali awal Oktober silam namun dua orang di antaranya meninggal dunia di Tanah Suci.

Lebih lanjut, Purnomo mengatakan masjid yang nantinya diberi nama Masjid Taman Sriwedari itu dirancang dengan arsitektur tradisional. “Oleh karena itu, saya yang diamanahi sebagai ketua panitia pembangunan masjid beberapa bulan terakhir ini berkeliling ke Demak, Kudus, Lasem dan lain-lain,” papar Wawali.

Advertisement

Menurut Purnomo, Masjid Taman Sriwedari nantinya tidak dibangun dengan kubah-kubah besar ala masjid modern seperti di Klaten namun akan dibuat dengan model atap limasan khas Jawa. “Penutup atap akan dibuat dari sirap kayu ulin kalimantan terbaik,” tambahnya.

Masjid itu, lanjut Purnomo juga diharapkan akan menjadi salah satu ikon terbaik bagi Kota Solo. Karenanya, bangunan akan dicarikan kayu-kayu jati terbaik.

“Bangunan utama masjid ini nantinya akan mampu menampung 4.500 jamaah, sedangkan luas keseluruhan masjid 17.000 meter persegi.”

Advertisement

Dengan luasnya kawasan masjid tersebut, diharapkan Masjid Taman Sriwedari yang akan dilengkapi lima menara itu bisa menjadi masjid pemersatu umat Islam di Kota Solo.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif