News
Sabtu, 21 Oktober 2017 - 10:10 WIB

Bom Bunuh Diri di Masjid Afghanistan Tewaskan 72 Orang

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Peta Afghanistan (Aljazeera)

Bom bunuh diri yang terjadi di masjid Afghanistan menewaskan 72 orang.

Solopos.com, KABUL – Bom bunuh diri meledak di dua masjdi di Afghanistan, Jumat (20/10/2017). Peristiwa nahas tersebut menewaskan 72 orang termasuk anak-anak.

Advertisement

Pelaku disebutkan berjumlah dua orang. Satu pengebom berjalan menuju sebuah masjid Muslim Syiah di ibu kota negara, Kabul, ketika jamaah sedang melaksanakan salat pada Jumat malam dan penyerang itu kemudian meledakkan bom, kata seorang anggota jemaah bernama Mahmood Shah Husaini.

Sebagaimana dikabarkan Antara dari Reuters, Sabtu (21/10/2017), paling sedikit 39 orang terbunuh dalam ledakan di masjid Imam Zaman itu, yang berada di distrik Dasht-e-Barchi, Kabul, kata juru bicara kementerian dalam negeri Najib Danish.

Hingga kini belum ada kelompok yang menyatakan bertanggung jawab. Namun, kalangan Muslim Syiah telah mengalami serangkaian serangan di Afghanistan dalam bulan-bulan terakhir ini, yang banyak di antaranya dinyatakan kelompok militan Muslim Sunni ISIS sebagai perbuatan pihaknya.

Advertisement

Di lokasi terpisah, pengeboman bunuh diri menewaskan setidaknya 33 orang di sebuah masjid di provinsi tengah Ghor, kata seorang juru bicara kepolisian.

Serangan itu sepertinya ditujukan pada seorang pemimpin daerah partai politik Jamiat, menurut pernyataan gubernur provinsi Balkh Atta, Mohamad Noor, yang merupakan sosok terkemuka di Jamiat.

Pengeboman di masjid Kabul juga belum ada pihak yang menyatakan bertanggung jawab atas serangan di Ghor.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif