Teknologi
Jumat, 20 Oktober 2017 - 04:00 WIB

Ingat! Registrasi Kartu SIM Seluler Tak Cantumkan Nama Ibu Kandung

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kartu SIM (Wisegeek.com)

Registrasi kartu SIM tidak perlu mencantumkan nama ibu kandung.

Solopos.com, SOLO – Pemerintah mewajibkan calon pelanggan kartu seluler (kartu perdana) maupun pelanggan lama kartu seluler melakukan registrasi. Kabar yang beredar menyebutkan saat registrasi kartu SIM harus mencantumkan nama ibu kandung.

Advertisement

Menanggapi kabar tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) merilis klarifikasi dalam situs resmi mereka, Rabu (18/10/2017). Kominfo mengatakan registrasi tidak memerlukan data nama ibu kandung.

Di dalam proses registrasi, pelanggan dan/atau calon pelanggan prabayar hanya perlu mengirimkan SMS ke 4444 dengan format tertentu yang berisi data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga yang sah.

Registrasi dilakukan mulai 31 Oktober 2017 hingga 28 Februari 2018. Menkominfo Rudiantara mengatakan registrasi kartu seluler akan divalidasi dengan data kependudukan yang ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

Advertisement

Selama ini, menurut Rudiantara, data kartu seluler tidak bisa membaca data pelanggan yang sebenarnya. Padahal program registrasi nomor tersebut telah dilakukan sejak 2005. Namun hasilnya masih jauh dari yang diharapkan.

Diperkirakan saat ini ada 360 juta nomor kartu seluler beredar sementara jumlah penduduk Indonesia sekitar 260 juta. Sementara data satu penduduk dengan satu ponsel diperkirakan ada 170 juta.

Data kartu seluler yang tidak tervalidasi membuat perilaku masyarakat juga tidak berubah, dan tidak bisa melihat data pelanggan sebenarnya. “Masyarakat beli paket, terus buang, beli paket terus buang, tapi kita punya lost opportunity,” kata Rudiantara seperti dikabarkan Antara, 11 Oktober 2017 lalu.

Advertisement

Dengan registrasi yang telah tervalidasi, menurut dia, akan muncul peluang tumbuhnya industri yang lebih sehat dan lebih baik seiring data pelanggan yang berkualitas.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif