Jogja
Jumat, 20 Oktober 2017 - 07:20 WIB

Ide Sekolah Geopark Gunungkidul Dapat Dukungan

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Dengan memasukkan materi geopark ke sekolah maka juga sebagai upaya menjalankan peran di bidang edukasi

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Pemerintah Gunungkidul tengah menggodok wacana memasukkan materi geopark ke bangku sekolah. Upaya untuk mempertahankan predikat ini menuai dukungan.

Advertisement

General Manager Geopark Gunungsewu Budi Martono mengaku sangat mendukung wacana memasukan materi geopark ke dalam pembelajaran di sekolah. Pasalnya, upaya ini sebagai salah satu langkah mempertahankan predikat global geopark Gunungsewu.

Baca juga : Gunungkidul Bakal Bikin Sekolah Geopark, Seperti Apa?

Ia mengatakan, dalam geopark ada tiga fungsi penting yang berkaitan dengan konservasi, edukasi, dan  pemberdayaan masyarakat. Oleh karena itu, dengan memasukkan materi geopark ke sekolah maka juga sebagai upaya menjalankan peran di bidang edukasi.

Advertisement

“Sangat bagus dan para siswa harus diberikan pemahaman sehingga dapat ikut berpartisipasi dalam melakukan program konservasi,” kata Budi, Rabu (18/10/2017).

Selain itu, untuk pengembangan kawasan Gunungsewu, pemerintah pusat melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) akan memberikan dukungan penuh sehingga keberadannya dapat lebih optimal. “Sudah dalam kajian dan ditargetkan untuk masterplan Geopark Gunungsewu selesai tahun depan,” kata mantan Sekda Gunungkidul ini.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif