Jogja
Jumat, 20 Oktober 2017 - 18:20 WIB

Hujan Datang, Lahan Garam Jadi Ladang Jagung

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X (pegang kayu) saat melihat proses budidaya garam di Pantai Sepanjang, Desa Kemadang, Tanjungsari. Sabtu (12/8/2017). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

“Kalau didukung peralatan yang memadai kami yakin kelompok kami dapat memproduksi garam dengan kualitas yang bagus”

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Produksi garam di Pantai Sepanjang, Kemadang, Tanjungsari berhenti karena hujan. Lahan untuk budidaya garam pun berubah menjadi ladang jagung.

Advertisement

Ketua Kelompok Petani Garam Sepanjang Lestari Priyo Subyo mengatakan, saat ini produksi garam di Pantai Sepanjang berhenti sementara. Sejumah terpal yang biasa digunakan untuk tambak garam pun sudah tidak digunakan.

“Sebelumnya masih beroperasi tapi karena sekarang hujan terus jadi berhenti. Terpalnya sudah digulung dan sekarang lahannya itu ditanami jagung,” kata dia, Jumat (20/10/2017).

Baca juga : Produksi Garam di Gunungkidul Bakal Didanai APBD

Advertisement

Selama ini untuk dapat memproduksi garam pihaknya masih sangat bergantung pada sinar matahari. Oleh karena itu, pada saat terik matahari berganti hujan seperti sekarang ini, pihaknya pun tidak dapat berbuat apa-apa. Terlebih lokasi produksi garam merupakan tempat terbuka dan tidak ada atap yang bisa menghindarkan dari air hujan.

“Kalau didukung peralatan yang memadai kami yakin kelompok kami dapat memproduksi garam dengan kualitas yang bagus. Tapi selama ini kan baru percobaan dan peralatannya belum memadai, sehingga produksi pun belum maksimal,” kata Priyo.

Di sisi lain, dia mengakui budidaya garam memang cukup menjanjikan. Pada saat awal percobaan budidaya garam dengan menggunakan terpal yang lebarnya 4×6 meter persegi, mampu menghasilkan 30 hingga 40 kilogram (kg) garam. Sementara, harga jual garam pun cukup bagus yakni Rp5.000 per kg, sehingga cukup menguntungkan bagi petani.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif