Jogja
Jumat, 20 Oktober 2017 - 07:55 WIB

Bisnis Berkonsep Saemaul Undong Berkembang di Gunungkidul, Apa Itu?

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah kendaraan melintas di taman dengan tulisan Gunungkidul di kawasan Patuk yang menjadi salah satu spot foto bagi warga yang datang ke Gunungkidul, Jumat (23/7/2017). (Irwan A. Syambudi/JIBI/Harian Jogja)

“Kami berupaya fokus dalam upaya mengimplementasikan semangat gotong royong yang ada dalam trisakti dan konsep saemaul undong”

Harianjogja.com, SLEMAN-Pusat Studi Trisakti dan Saemaul Undong (PSTS) UGM bersama Saemaul Globalization Foundation menyelenggarakan seminar internasional bertajuk Rural Community Empowerment Based on Trisakti and Saemaul Undong di Sekolah Pascasarjana UGM, Rabu (18/10/2017).

Advertisement

Dalam kesempatan itu warga Ponjong, Gunungkidul menjadi narasumber terkait pengembangan saemaul undong hasil kerja sama antara Pemerintah DIY dan Korea Selatan. Salah satu hasil dari kerja sama PSTS UGM dan Saemaul Globalization Foundation yakni diresmikannya Gedung Serba Guna yang dijadikan pusat kegiatan praktik saemaul undong di Desa Ponjong,
Gunungkidul.

Anang Sutrisno, Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Hanyukupi Ponjong, Gunungkidul menjelaskan, program tersebut akan dilaksanakan sekitar lima tahun. Pada tahun pertama, pelaksanaan difokuskan pada pelatihan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat desa serta penggalian potensi desa.

Melalui penggalian potensi tersebut, terciptalah bisnis cycling peternakan terpadu. Bisnis itu merupakan hasil diskusi bersama antara tim Saemaul Globalization Foundation dengan perangkat desa, kelompok tani, dan BUMDes. “Konsep bisnis cycling menghasilkan pengintegrasian antara tiga sektor yang ada di masyarakat dan nantinya akan menjadi rantai bisnis,” terangnya dalam rilis kepada Harian Jogja, Rabu (18/10/2017).

Advertisement

Tiga sektor tersebut, antara lain sektor pertanian, limbah ternak, dan peternakan. Limbah dari produksi pertanian akan
dimanfaatkan sebagai bahan pakan ternak. Usaha peternakan yang dikembangkan untuk pembibitan sapi dan penggemukan sapi.

Targetnya, ada penambahan populasi sapi sehingga terpenuhinya kebutuhan daging sebagai sumber protein hewan bagi masyarakat. “Saat ini kandang komunal untuk sapi telah selesai dibangun dan siap untuk beternak sapi,” ujar Anang.

Ketua PSTS UGM Mukhtasar menjelaskan, secara mendasar saemaul undong sama dengan prinsip gotong royong yang dimiliki mayarakat Indonesia. Secara terperinci saemaul undong berisi tiga hal yang sesungguhnya sama dengan tiga prinsip pada trisakti. Prinsip tersebut, yakni kedaulatan politik, kemandirian ekonomi, dan kepribadian bangsa sesuai dengan kebudayaan.

Advertisement

“Kami berupaya fokus dalam upaya mengimplementasikan semangat gotong royong yang ada dalam trisakti dan konsep saemaul undong,” jelas Mukhtasar.

Sekjen Saemaul Globalization Found Lee Sang Wook mengatakan, gerakan saemaul undong efektif memberantas kemiskinan di Korea Selatan dengan berbasis pada pemberdayaan masyarakat terutama bidang pertanian. Semaul Globalization Foundation memberdayakan masyarakat dengan memberikan pelatihan dan dana stimulan.

“Mengadopsi budaya lokal, semoga program ini dapat menghasilkan produk lokal berkualitas tetapi dengan menerapkan semangat baru jiwa,” ungkap dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif