Jogja
Jumat, 20 Oktober 2017 - 11:44 WIB

Begini Kemeriahan Kenduri Ageng dan Open House Pelantikan Gubernur DIY

Redaksi Solopos.com  /  Bhekti Suryani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gubernur DIY, Sir Sultan HB X didampingi istri GKR Hemas, Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X berserta istri GKBR.Ay. Atika Paku Alam X memotong tumpeng dalam acara Mangayubagya Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY Kenduri Ageng di Pendapa Kepatihan, Kompleks Kantor Gubernur DIY, Jumat (20/10/2017). (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Ribuan warga hadiri Kenduri Ageng dan open house di Bangsal Kepatihan.

Harianjogja.com, JOGJA— Ribuan orang menghadiri Kenduri Ageng dan open house yang digelar di Bangsal Kepatihan, Jumat (20/10/2017). Acara ini adalah salah satu rangkaian acara mangayubagya (tasyakuran) pelantikkan gubernur dan wakil gubernur DIY masa jabatan 2017-2022.

Advertisement

Sejak pagi masyarakat sudah berbondong-bondong datang ke Bangsal Kepatihan untuk memberikan selamat kepada Gubernur DIY Sri Sultan HB X serta Wakil Gubernur KGPAA Paku Alam X.

Kepala Bagian Humas Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY, Amiarsi Harwani mengatakan, ada sekitar 2.000 orang yang menghadiri open house itu.

Pemda DIY kata dia menyiapkan hidangan sebanyak 3.000 porsi yang terdiri dari bakso, nasi merah, es dawet, tumpeng dan makanan tradisional lainnya. Ami, begitu ia biasa disapa, mengatakan, acara tersebut bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat agar bisa memberikan ucapan selamat kepada Sri Sultan HB X dan KGPAA Paku Alam X.

Advertisement

“Selain sebagai bentuk rasa syukur, dengan adanya Kenduri Ageng dan open house ini masyarakat bisa langsung memberikan selamat. Kami ingin memfasilitasi keinginan masyarakat, kalau tidak ada acara seperti ini kan mereka tidak bisa memberikan selamat secara langsung,” ucapnya di sela-sela acara.

Dalam Kenduri Ageng itu dipotong 10 tumpeng yang terdiri dari lima jenis tumpeng sebagai ucapan rasa syukur. Lima tumpeng tersebut adalah Tumpeng Sangga Buwana, Tumpeng Kendhit, Tumpeng Robyong, Tumpeng Urubing Damar dan Tumpeng Punar.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif