Jogja
Kamis, 19 Oktober 2017 - 21:55 WIB

TKIT Al Farabi Serius Kelola Unit Kesehatan Sekolah

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para siswa siswi TKIT Al Farabi yang merupakan kader Puput Sehati memperagakan cara mencuci tangan yang benar, Kamis (19/10/2017). (Harian Jogja/Rheisnayu Cyntara)

Menjaga lingkungan sekolah agar bersih dan sehat ini selaras dengan visi Kabupaten Bantul yakni menciptakan masyarakat Bantul yang sehat, cerdas dan sejahtera

Harianjogja.com, BANTUL-TKIT Al Farabi yang berlokasi di Tamantirto, Kasihan serius mengelola Unit Kesehatan Sekolah (UKS). Hal tersebut terlihat dari banyaknya program inovasi dan unggulan yang berhasil membawa TKIT Al Farabi menjadi salah satu nominator Sekolah Sehat tingkat DIY.

Advertisement

Kepala Sekolah TKIT Al Farabi Mustaslimah mengatakan, kesehatan perlu dijaga sejak anak usia dini menilik banyak penyakit yang sebenarnya timbul karena pola hidup yang kurang sehat. Jika dari kecil anak sudah dikenalkan pola hidup sehat, diharapkan ketika dewasa nanti mereka tak mudah terserang penyakit.

“Oleh sebab itu, pihak sekolah benar-benar serius menggarap UKS bahkan membentuk beberapa Kelompok Kerja [Pokja] yang diharapkan dapat menyukseskan program Sekolah Sehat LPIT Al Farabi,” ungkap dia, Kamis (19/10/2017).

Khusus untuk UKS Sehat, Mustaslimah menuturkan, pihaknya memiliki satu program unggulan yaitu Kartu Sehat Ceria (Kasria). Ini merupakan salah satu cara sekolah untuk memantau tumbuh kembang anak sesuai dengan indikator-indikator pokok yang tertera pada Kasria. Tak hanya itu saja, sekolah juga rutin memberikan edukasi tentang Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) kepada anak.

Advertisement

“Jika dipupuk sejak dini diharapkan dapat menjadi kebiasaan saat dewasa nanti,” ujar dia.

Selain Kasria, TKIT Al Farabi juga mempuyai empat program inovasi yakni Mari Kita Sedekah Sampah (Markissa), Deteksi Dini Intervensi Stimulasi Komprehensif Tumbuhkembang Anak TK (Diskoteka), Dapur Pintar (Dapin), dan Putra Putri Sehat Al Farabi (Puput Sehati). Semua program itu, bertujuan untuk menciptakan generasi yang bersih, sehat, kuat, dan ceria.

Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan, menjaga lingkungan sekolah agar bersih dan sehat ini selaras dengan visi Kabupaten Bantul yakni menciptakan masyarakat Bantul yang sehat, cerdas dan sejahtera. Kesehatan menjadi salah satu aspek penting untuk dapat meraih kesejahteraan.

Advertisement

“Moto sekolah ini yakni sekolahku bersih, sekolahku sehat, prestasiku hebat memang tepat,” kata dia.

Pihaknya juga mengapresiasi program-program yang dimiliki oleh TKIT Al Farabi yang berusaha membudayakan PHBS sejak dini. Selain itu, Halim juga memuji usaha sekolah untuk menyempurnakan sarana dan prasarana sesuai stadar yang ada untuk menciptakan lingkungan sehat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif