Jogja
Kamis, 19 Oktober 2017 - 15:20 WIB

Tahun Depan, Kejurnas Wing Chun akan Digelar di Jogja

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Turnamen Wing Chun Nasional selama ini digelar setahun sekali

 

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Setelah sukses meraih beberapa medali di turnamen Wing Chun internasional di Hongkong, sejumlah atlet bela diri yang dipopulerkan Ip Man ini bersiap mengikuti turnamen nasional. Turnamen yang akan diselenggarakan di Bali ini akan berlangsung pada November mendatang.

Sekretaris Daerah Federasi Wing Chun Indonesia (FWCI) DIY, Hari N.Suyuti mengatakan turnamen Wing Chun Nasional selama ini digelar setahun sekali.

“Memang saat ini, bela diri Wing Chun belum masuk ke turnamen nasional seperti PON maupun Sea Games. Selama ini kami menyelenggarakan sendiri turnamen nasional dan [turnamen] yang ketiga akan berlangsung di Bali,” ungkap Hari, Rabu (18/10/2017).

Advertisement

Penyelenggaraan event ini akan digelar rencananya akan digelar pada 17-18 November 2017 dan tahun depan, rencananya akan diselenggarakan di Jogja. Hari mengungkapkan secara formal, melalui Federasi Wing Chun Indonesia (FWCI), sedang dalam proses untuk dapat bergabung dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Melalui langkah tersebut, diharapkan seluruh cabang olahraga Wing Chun nantinya dapat ditampilkan di Porda, Pon maupun berbagai turnamen lainnya. Sedangkan turnamen internasional tahunan, yang selalu diikuti yakni kejuaraan Wing Chun Dunia yang diselenggarakan oleh Ving Tsun Athletic Association (VTAA), induk organisasi internasional Wing Chun yang berbasis di Hongkong.

“Sudah tiga kali kami mengikuti kejuaraan dunia ini. Pada 2016 dan 2017, timnas Wing Shun Indonesia menjadi juara umum,” jelas Hari.

Advertisement

Sementara itu, kejuaraan Wing Chun daerah diakui Hari masih belum dapat dilakukan secara rutin. Hanya saja setiap akan mengikuti kejuaran nasional maupun internasional, akan dilakukan seleksi atlet.

“Kendati di DIY belum, tapi kejuaraan Wing Chun daerah sudah dilakukan daerah lain yakni Jawa Timur dan Jawa Tengah.” imbuh Hari.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif