Salah satu pemilik Martabak Kota Barat (Markobar) Gibran Rakabuming Raka menunjukkan martabak manis yang dijual dengan variasi delapan rasa di gerai Markobar Indomaret Point Kolombo, belum lama ini. (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja) Salah satu pemilik Martabak Kota Barat (Markobar) Gibran Rakabuming Raka menunjukkan martabak manis yang dijual dengan variasi delapan rasa di gerai Markobar Indomaret Point Kolombo, belum lama ini. (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)
Kamis, 19 Oktober 2017 20:35 WIB Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos Solo Share :

PERNIKAHAN PUTRI JOKOWI
1.100 Loyang Markobar untuk Tamu Resepsi Mantenan Kahiyang Ayu

Para tamu resepsi pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, akan disuguhi 1.100 loyang markobar.

Solopos.com, SOLO — Martabak Kota Barat (Markobar) dipastikan bakal disajikan kepada para tamu yang hadir dalam acara resepsi pernikahan Putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, dengan Muhammad Bobby Afif Nasution, 8 November mendatang.

Markobar menjadi menu modern yang bakal disajikan di kepada tamu di samping berbagai menu makanan tradisional khas Solo. Kakak Kahiyang, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan tidak hanya martabak manis, martabak asin atau martabak telur juga bakal disajikan kepada tamu pernikahan Kahiyang di Graha Saba Buana.

Hal itu berbeda dibandingkan acara pernikahanya pada Juni 2015 lalu yang tidak menyajikan menu martabak telur bagi tamu. Gibran menyatakan markobar disuguhkan pada acara pernikahan Kahiyang karena banyak yang menanyakan hal itu kepada dirinya. (Baca: Makanan Tradisional Ini akan Tersaji di Resepsi Mantenan Kahiyang)

“Banyak yang pada tanya di nikahan Ayang [Kahiyang] ada [markobar] lagi tidak? Makanya saya keluarin. Berarti kan orang belum jenuh,” kata Gibran saat di temui wartawan di Markobar samping Solo Grand Mall (SGM), Kamis (19/10/2017) siang.

Sama seperti saat acara pernikahannya dengan Selvi Ananda pada 2015 lalu, Gibran mengatakan martabak manis yang akan disuguhkan kepada tamu tetap mengusung tema delapan rasa. Adapun rasa markobar yang bisa dipilih, antara lain cokelat, ­selai green tea, dan parutan cokelat.

Sedangkan martabak telur nantinya dibuat dengan crispy dengan telur kualitas premium. “Nanti masih akan ada kejutan, lihat saja pas hari H. Besok yang pasti akan mengeluarkan dua menu, martabak yang manis sama yang telur,” jelas Gibran.

Ditanya apakah varian baru dari Makobar, yakni martabak crispy juga akan dihidangkan kepada para tamu acara resepsi pernikahan Kahiyang dengan Bobby, Gibran masih merahasiakan hal itu. Dia hanya menuturkan soal jumlah martabak yang akan disajikan, yakni sedikitnya 600 loyang martabak manis, 500 loyang martabak telur.

“Nanti ada dua sesi kan? Tiap sesi akan kami keluarkan 300 untuk yang manis, dan 250 untuk yang telur. Jumlahnya Sama seperti dua tahun yang lalu,” ujar Gibran.

Gibran menyampaikan martabak bakal disajikan show cooking di mana nantinya makanan tersebut akan dimasak langsung di lokasi pernikahan. Dengan begitu, lanjut dia, makanan masih hangat atau panas saat sampai di tangan tamu.

“Nanti markobarnya dimasak sama chef yang kami punya, tidak ada tambahan. Mereka sudah terbiasa karena sudah sering masak di acara pernikahan,” terang Gibran.

Gibran menyebut Markobar yang dirintis sejak 2015 lalu kini sudah tersedia di 29 cabang di kota-kota besar di Indonesia. Tahun depan bahkan dirinya berniat nemembus pasar internasional untuk menjual markobar.

“Rencananya buka lagi di Manila [Filipina] karena di sana bagus prospeknya. Taste orang sana sama seperti orang Indonesia, suka yang manis-manis,” tambah Gibran.

 

lowongan pekerjaan
CV.ASR MEDIKA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…