Jatim
Kamis, 19 Oktober 2017 - 21:05 WIB

Kota Madiun Terima 12.000 Blangko E-KTP Secara Bertahap

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi e-KTP (JIBI/Solopos/Dok.)

Sebanyak 12.000 blangko e_KTP dikirimkan ke Kota Madiun.

Madiunpos.com, MADIUN — Pemerintah Pusat mengirimkan 12.000 blangko KTP elektronik (e-KTP/KTP-e) untuk Kota Madiun. Sebelumnya, sempat terjadi kekosongan blangko e-KTP sejak bulan Oktober 2016 akibat gagal lelang di tingkat pusat.

Advertisement

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Madiun Nono Djati Kusumo mengatakan kiriman 12.000 blangko KTP-E tersebut dilakukan secara bertahap. Tercatat pengiriman sudah tiga kali sejak April lalu.

“Jatah Kota Madiun mendapat 4.000 blangko untuk sekali pengiriman. Sejauh ini sudah terdistribusikan tiga kali atau sebanyak 12.000 blangko dari pusat,” ujar Nono kepada wartawan di Madiun, Kamis (19/10/2017).

Dia menerangkan dari 12.000 blangko yang diterima, sebanyak 10.000 di antaranya telah dicetak sesuai data perekaman warga yang telah mendapat validasi data dari pemerintah pusat.

Advertisement

KTP yang sudah tercetak langsung diumumkan di kantor kelurahan untuk diteruskan ke masyarakat bersangkutan. “Masyarakat bisa langsung mengambil KTP tersebut di Kantor Dispendukcapil dengan membawa surat keterangan [Suket] pengganti KTP-e,” kata dia.

Nono menjelaskan meski telah menerima 12.000 kiriman blangko dari pusat, jumlah tersebut belum cukup memenuhi kebutuhan blangko yang kosong. Secara total, kekurangan blangko mencapai hingga 25.000 blangko.

Nono menambahkan meski terjadi kekurangan blangko, hal itu dipastikan tidak mengganggu proses perekaman data KTP-e yang masih terus berlangsung. Ia meminta warga Kota Madiun yang belum melakukan perekaman data KTP-e untuk segera melakukannya, sehingga nanti saat blangko datang, dapat segera dilakukan pencetakkan.

Advertisement

“Perekaman bisa dilakukan di kantor Dispendukcapil Kota Madiun maupun memanfaatkan mobil layanan KTP-E keliling yang beroperasi di setiap akhir pekan di tempat-tempat yang telah ditunjuk,” kata dia.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif