News
Kamis, 19 Oktober 2017 - 21:30 WIB

Kata Wiranto, Cuma Era Jokowi Pembangunan dari Pinggiran

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana, Menteri PUPR, Panglima TNI, dan Gubernur Papua berfoto bersama di depan PLBN Skouw, Jayapura, Selasa (9/5/2017) siang. (Setkab.go.id/Humas Setneg)

Menkopolhukam Wiranto mengklaim pembangunan dari pinggir hanya terjadi di era Jokowi-JK.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusif Kalla (Jokowi-JK) diklaim sebagai satu-satunya yang menginisiasi pembangunan dari daerah pinggir atau perbatasan.

Advertisement

Menko Politik Hukum dan Keamanan Wiranto mengaku selalu turut serta dalam empat pemerintahan mengakui kebijakan pembangunan sebelumnya menitikberatkan daerah pusat atau padat pemukiman.

“Baru [pemerintahan] kali ini yang membangun dari pinggir, dari daerah perbatasan,” kata Wiranto dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) di Kantor Staf Presiden, Kamis (19/10/2017).

Menurutnya, daerah pinggiran maupun perbatasan sangat rentan dan perlu dijamah oleh pembangunan. Indonesia memiliki garis perbatasan yang cukup panjang, yakni mencapai 99.000 kilometer.

Advertisement

Dia berpendapat langkah pembangunan dari daerah perbatasan sangat tepat. Pembangunan tersebut akan memunculkan pemukiman baru, perkembangan industri, dan hasilnya meningkatkan pendapatan masyarakat.

Pemerintah telah membangun tujuh Pos Lintas Batas Nasional di beberapa wilayah, yakni Aruk, Entikong, dan Nanga Badau di Kalimantan Barat, Motaain, Motamasin, dan Wini di Nusa Tenggara Timur, serta Skouw di Papua.

“Tujuh target PLBN sudah dibangun semua. Presiden ingin kita bangga dengan daerah perbatasan itu,” ujarnya.

Advertisement

Hadir dalam kesempatan itu, antara lain, Menko Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, Menteri PAN-RB Asman Abnur, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif