Jatim
Rabu, 18 Oktober 2017 - 21:05 WIB

PILKADA 2018 : "Macan Putih" Terpilih Jadi Maskot Pilwakot Kediri

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi diorama pemungutan suara. (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Pilkada 2018, Pilwakot Kediri dilaksanakan tahun depan.

Madiunpos.com, KEDIRI — Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Kediri akan digelar berbarengan dengan daerah lain pada Pilkada serentak tahun 2018 mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri telah memilih gambar macan putih menjadi maskot Pilkada.

Advertisement

“Dalam memilih maskot, ada pertimbangan untuk mengutamakan kearifan lokal. Kami sebelumnya juga telah mengadakan lomba untuk memilih maskot di Pilkada ini,” kata Komisioner KPU Kota Kediri Moch, Wahyudi di Kediri, Selasa (17/10/2017).

Wahyudi menambahkan lomba tersebut melibatkan dewan juri dari berbagai unsur, baik dari dewan kesenian, budayawan, serta KPU Provinsi Jatim. Mereka mengkaji seluruh berkas yang masuk dan menelitinya untuk memutuskan maskot yang terbaik.

Saat lomba, ada sebanyak 24 maskot yang diajukan ke panitia. Maskot tersebut juga dari berbagai macam bentuk. Dewan juri juga melakukan seleksi yang cukup ketat, sebab gambar maskot yang diajukan juga banyak yang menarik.

Advertisement

“Tim memeriksa semua dokumen yang masuk. Semua diteliti, lalu dilakukan penjurian, disepakati, serta diplenokan. Jadi, atributnya itu akan digunakan di pilkada ini,” ujar dia.

Saat ini, kata dia, KPU Kota Kediri belum mengenalkan secara langsung maskot untuk pilkada berupa macan putih tersebut. Rencananya, maskot itu akan dikenalkan pada agenda khusus yang akan digelar akhir November 2017.

Selain maskot, ia juga mengatakan untuk jingle atau lagu juga sudah dipilih. Nantinya, lagu itu akan dikenalkan bersamaan dengan peresmian maskot Pilwakot Kediri tersebut. Namun, untuk teknis peresmian masih akan dibahas.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif