Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan pidato politiknya di halaman Balai Kota DKI Jakarta, Senin (16/10/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Rivan Awal Lingga)
Rabu, 18 Oktober 2017 18:30 WIB Feni Freycinetia Fitriani/JIBI/Bisnis Politik Share :

Dilaporkan Karena Pidato "Pribumi", Hanya Ini Jawaban Anies

Anies Baswedan enggan berkomentar panjang soal pelaporan dirinya ke Bareskrim soal pidatonya yang menyebut kata “pribumi”.

Solopos.com, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan berkomentar lebih lanjut terkait langkah organisasi Banteng Muda Indonesia (BMI) ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

BMI mempermasalahkan penggunaan kata “pribumi” yang diucapkan Anies dalam pidato perdananya setelah dilantik sebagai Gubernur di Balai Kota DKI, Senin (16/10/2017). “No comment,” ujar Anies kepada para wartawan, Rabu (18/10/2017).

Berdasarkan tanda bukti lapor yang diterima Bisnis/JIBI, pelapor dari BMI bernama Jack Boyd Lapan. Perkara yang dilaporkan yaitu Dugaan Tindak Pidana Diskriminatif Ras dan Etnis.

Waktu pelaporan kejadian pada Senin malam (16/10/2017) di Balai Kota Jakarta, Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Dengan terlapor Anies Rasyid Baswedan Ph.D sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Dugaan Tindak Pidana Diskriminatif Ras dan Etnis sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 huruf B ke 1 dan 2 serta pasal 16 UU No 40/2008 tentang Penghapusan Diskriminasi, Ras, dan Etnis.

Gara-gara pidato Anies tersebut, warga net atau netizen pun ramai membicarakan soal #Pribumi sehingga menimbulkan pro-kontra di masyarakat. Sejumlah tokoh menyayangkan pernyataan itu, meskipun sebagian lain membela Anies. Baca juga: Relevansi Pidato “Pribumi”.

Lowongan Pekerjaan
FASHION OUTLET, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…