News
Rabu, 18 Oktober 2017 - 21:30 WIB

Berani Dukung Angkutan Online, Wali Kota Balikpapan Dipuji Netizen

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi moda transportasi berbasis aplikasi alias angkutan online. (gmanetwork.com)

Keberanian Wali Kota Balikpapan mendukung keberadaan angkutan online dipuji netizen.

Solopos.com, BALIKPAPAN — Netizen mengapresiasi tindakan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dalam menyikapi isu pelarangan operasional transportasi angkutan online.

Advertisement

Alih-alih melarang operasional transportasi online, melalui akun Instagramnya, Rizal menenangkan kekisruhan warga kota minyak yang memprotes pemberhentian transportasi online. Aturan pemberhentian itu sebelumnya ditetapkan oleh Dinas Perhubungan Balikpapan.

Dia mengunggah foto yang disertai dengan lima poin dukungan dan sikap yang diambil oleh Pemkot Balikpapan atas keresahan masyarakat pasca pemberhentian transportasi online.

Advertisement

Dia mengunggah foto yang disertai dengan lima poin dukungan dan sikap yang diambil oleh Pemkot Balikpapan atas keresahan masyarakat pasca pemberhentian transportasi online.

“Saya mendukung aspirasi warga Balikpapan agar mendapatkan angkutan umum yang nyaman dan aman, baik itu konvensional ataupun online,” tulis Rizal pada salah satu unggahannya belum lama ini.

Dia menekankan bahwa pemberhentian operasional transportasi umum bukanlah kewenangan pemerintah kota, melainkan kewenangan pemerintah pusat. Rizal juga menyampaikan bahwa pihaknya memberi kesempatan kepada pengemudi transportasi online untuk memenuhi persyaratan operasional hingga 4 November 2017.

Advertisement

Tindakan Rizal ini menuai pujian netizen, khususnya yang bermukim di kota minyak. Beberapa akun menyampaikan pujian dan rasa terimakasihnya kepada Rizal.

“Ini baru pemimpin yang peka dengan kebutuhan warganya. Salut, pak!” ujar akun bernama @andresflo7. Beberapa akun lain mengunggah komentar dengan nada serupa.

Hingga saat ini, unggahan wali kota Balikpapan itu disukai oleh 800 lebih pengguna Instagram dan dibanjiri komentar berisi pujian. Sesuai dengan pernyataan Rizal, transportasi online tetap beroperasi, sejalan dengan pelengkapan perizinan hingga 4 November mendatang.

Advertisement

Assallaammualaikum warga Kota yang saya hormati. Sesuai janji saya, saya menyampaikan aspirasi warga Kota juga menerima undangan Gubernur Kalimantan Timur. Ada dua Kota yang dipanggil yakni Balikpapan dan Samarinda. Ini hasil pertemuan dan sikap yang diambil. 1. Pemerintah Kota Balikpapan menyampaikan aspirasi warga Kota yang membutuhkan angkutan umum roda 4 baik online ataupun komvensional. Juga menyampaikan keresahan angkutan konvensional. Untuk itu Pemerintah Kota lewat dinas Perhubungan Kota Balikpapan mendorong angkutan umum online roda 4 segera menyelesaikan Perizinan sesuai regulasi sampai November. Alhamdullillah saat ini sudah ada operator angkutan umum online Balikpapan melaksanakan pengurusan Perizinan DI Provinsi. Sambil menunggu regulasi Pemerintah Pusat. Laporan yang saya Terima pihak angkutan online Balikpapan hari ini melakukan Kordinasi DI badan Perizinan Provinsi setelah mendapat rekomendasi Dari dinas Perhubungan Provinsi. Regulasi dari Pemerintah Pusat akan memberikan kewenangan Pemprov untuk memberikan Perizinan dan batasan kouta. Jika ini sudah selesai, Balikpapan Akan menjadi contoh dan tolak ukur penerapan regulasi angkutan online roda 4 di Kalimantan Timur. 2. Dinas Perhubungan Provinsi akan memanggil operator taksi online yang belum melakukan permohonan perizinan untuk segera melakukan pengurusan Perizinan. Jika Ini bisa dilaksanakan Pemerintah daerah Atau Kota siap menjamin keamanan dan kemanyaman. 3. Menjawab keresahan angkutan konvensional saya tegaskan Pemerintah Kota Balikpapan tidak memiliki kewenangan Atau kemampuan menutup aplikasi online. Kewenangannya berada DI Pemerintah Pusat. Dan saat Ini Pemerintah Pusat lewat kementrian Perhubungan mempercepat proses regulasi Perizinan angkutan online. Pada dasarnya Pemerintah Pusat mendorong usaha berbasis online sesuai dengan regulasi YG akan ditetapkan. 4. Saya mendukung aspirasi warga Kota Balikpapan. Agar mendapatkan angkutan umum yang nyaman dan aman baik itu angkutan online roda 4 atau angkutan Unum komvensional. ( SELEBIHNYA PENJELASAN SAYA ADA DI KOLOM KOMENTAR )

A post shared by Rizal Effendi (@rz_effendi58) on

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif