Gua Jomblang-detikTravel
Rabu, 18 Oktober 2017 16:40 WIB Irwan A. Syambudi/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

Badingah Gencarkan "Vote" Wisata Gunugkidul

Bupati keluarkan surat edaran untuk vote destinasi wisata

Solopos.com, GUNUNGKIDUL— Terpilihnya dua destinasi wisata di Kabupaten Gunungkidul menjadi nominasi di dua kategori berbeda pada Anugerah Pesona Indonesia 2017 langsung ditanggapi serius oleh pemerintah kabupaten. Bupati Gunungkidul langsung mengeluarkan surat edaran tentang share (sebarkan) dan vote (pilih) agar menang dalam penghargaan tersebut.

Bupati Gunungkidul, Badingah mengeluarkan Surat Edaran No. 556/4361 tentang Share dan Vote Destinasi Wisata Gunungkidul Untuk Menjadi Destinasi Terbaik di Indonesia. Masing-masning destinasi yakni Gua Jomblang menjadi nominasi destinasi unik terpopuler. Sedangkan Pantai Wediombo menjadi nominasi tempat berselancar terpoluler.

Melalui surat edaran tersebut Bupati meminta dukungan kepada seluruh masyarakat. “Kami minta untuk membagikan informasi ini atau share dan memlilih kedua destinasi tersebut,” kata dia kepada wartawan, Selasa (17/10/2017).

Untuk dapat berperan langsung, masyarakat dapat melakukan voting melalui laman ayojalanjalan.com. Di dalam laman tersebut banyak kategori Anugerah Pesona Indonesia 2017 yang akan diberikan penghargaan, sedikitnya ada 15 kategori, dan Gunungkidul menjadi nominasi di dua kategori yang berbeda.

Untuk kategori tempat berselancar terpopuler misalnya, Gunungkidul harus bersaing dengan delapan kabupaten dan kota lain. Adapun delapan kabupaten dan kota tersebut adalah Kabupaten Malang; Pulau Morotai; Aceh Besar; Lampung Barat; Sumba Timur; Kep. Mentawai; Pandeglang; dan Kota Bengkulu.

Sedangkan untuk kategori wisata unik terpopuler, Gunungkidul jaga harus bersaing dengan sembilan kabupaten dan kota lain. Adapun sembilan kabupaten dan kota tersebut adalah Kabupaten Malinau; Sidoarjo; Banjar; Lembata; Berau; Merangin; Kota Tanjungpinang; dan Kota Bitung.

Terpisah Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan, dua destinasi yang masuk nominasi diyakininya tidak kalah dengan destinasi wisata kabupaten lain. Untuk Pantai Wediombo Desa Jepitu, Girisubo, misalnya ada kolam air laut alami yang menarik, Wediombo juga merupakan wilayah gugusan gunung api purba, dan lokasi spot memancing yang banyak dikunjungi wisatawan.

Sementar Gua Jomblang, merupakan gua vertikal, untuk masuk pengunjung harus menggunakan peralatan khusus yang sudah disediakan oleh pengelola. Gua yang terbentuk sejak jutaan tahun lalu ini didalamnya terdapat tumbuhan purba, dan saat ini sudah dikembangkan sebagai lokasi tempat wisata khusus oleh masyarakat setempat.

Dengan masuknya kedua destinasi wisata tersebut, Hary berharap kedua lokasi tersebut semakin dikenal oleh wisatawan baik nasional maupun internasional. “Diharapkan kunjungan wisatawan meningkat , tidak hanya untuk dua destinasi wisata tersebut tetapi juga wisata lain di Gunungkidul,” katanya.

Lowongan Pekerjaan
FASHION OUTLET, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…