News
Selasa, 17 Oktober 2017 - 20:20 WIB

Makin Banyak Mahasiswa Asing Kuliah di UMY

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo UMY

Dalam lingkungan akademik, sebanyak 31 universitas di Asia termasuk dalam 100 besar universitas terbaik dunia

Harianjogja.com, BANTUL-Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menerima 79 mahasiswa asing dari 14 negara di tahun akademik 2017/2018. Jumlah itu lebih banyak dar tahun sebelumnya.

Advertisement

Tercatat 50 mahasiswa asing menjalani full study, 27 mahasiswa melalui program pertukaran, dan dua mahasiswa magang. Para mahasiswa asing itu disambut dalam acara Gathering Pimpinan UMY dan Mahasiswa Asing, di Loby Rektorat UMY, gedung Ar. Fachruddin A lantai 1, Senin (16/10/2017).

Rektor UMY Gunawan Budiyanto mengatakan, dalam lingkungan akademik, sebanyak 31 universitas di Asia termasuk dalam 100 besar universitas terbaik dunia. Oleh karena itu, Asia diakui oleh peneliti dunia dan berkontribusi dalam pengembangan ide dan ilmu pengetahuan. Selain itu, saat ini hubungan kuat antara peneliti, negara, dan masyarakat dunia sangat berkembang.

Baca juga : Wah, Gedung Baru UMY Bisa Hemat Energi 40 Watt per Meter

Advertisement

“Untuk merespon situasi sosial dan politik yang sangat dinamis tersebut, UMY menyadari bahwa langkah yang tepat untuk diambil tidak hanya dengan mengirimkan staf atau mahasiswa keluar, tetapi juga menerima staf dan mahasiswa asing untuk bergabung dalam kegiatan akademik maupun non-akademik di UMY,” ujar dia dalam rilis kepada Harian Jogja, Senin (16/10/2017).

Mahasiswa Program Doktoral di UMY asal Filipina Enrique Batara merasa takjub dengan bangunan di UMY, dari struktur sampai beberapa fasilitas yang ada. Suasana kelas yang kompetitif juga sangat terasa ketika ia masuk kelas. Dosen yang kompeten dan sangat membantu mahasiswa asing dalam proses pembelajaran, membuatnya betah kuliah di UMY.

Elka dari Princeton University, New Jersey, USA juga merasa senang untuk melakukan internship di UMY. Ia berharap bisa kembali ke UMY untuk melanjutkan program doktoral.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif