Jogja
Selasa, 17 Oktober 2017 - 11:40 WIB

Ini Ternyata Penyebab Tomcat Menyerang Permukiman Warga Kulonprogo

Redaksi Solopos.com  /  Bhekti Suryani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panca, 59 tahun dan luka yang dialaminya, akibat terkena cairan dari tubuh tomcat, Senin (16/10/2017). Ia memilih tidak mengobati lukanya dan membiarkan luka itu sembuh dengan sendirinya. (Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja)

Habitat hidup serangga tomcat ditengarai mengalami pergeseran.

Harianjogja.com, KULONPROGO— Serangga tomcat yang belakangan ini meresahkan warga rumah susun sederhana sewa (rusunawa) di Dusun Tambak, Desa Triharjo, Kecamatan Wates, diduga telah mengalami pergeseran habitat awal. Sehingga hewan bernama latin Paederus littoralis itu kini bermukim di rusunawa.

Advertisement

Koordinator Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman Dinas Pertanian dan Pangan Kulonprogo, Wahyu Wijayantoro menuturkan, tomcat adalah predator bagi hama wereng, yang biasanya tinggal di sawah atau ladang.

Ia menduga telah terjadi ketidakseimbangan ekosistem, yang disebabkan karena rusunawa dibangun di kawasan lahan pertanian. “Sehingga, tomcat yang biasanya tinggal di rerimbunan tanaman rumpun, berpindah dari persembunyiannya ke rusunawa, untuk berlindung dan mencari makan,” kata Wahyu Wijiyantoro, Senin (16/10/2017).

Di rusunawa Triharjo sendiri, pembersihan lingkungan terus dilakukan oleh warga yang tinggal di wilayah itu. Agar tomcat tidak lagi bersembunyi dan memunculkan korban baru bagi warga. Salah satu warga rusunawa, Panca, mengaku telah terkena cairan tubuh tomcat pada Minggu (15/10/2017) dini hari.

Advertisement

Ia tidak mengetahui dari mana tomcat datang dan menyebabkan luka melempuh pada kulitnya. Yang ia tahu, tiba-tiba di tengah tidurnya, lelaki berusia 59 tahun itu merasakan panas dan perih pada tubuh bagian tubuh belakang. Panca yang tinggal di lantai IV itu, kemudian memilih untuk sama sekali tidak mengobati luka yang ia alami, dan membiarkannya kering dengan sendirinya.

Sebelumnya, puluhan warga di Rusunawa Triharjo dilaporkan terkena serangan Tomcat. Bahkan, Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo yang tidak tinggal di rusunawa juga tidak luput dari serangan hewan serangga itu.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif