Jogja
Senin, 16 Oktober 2017 - 00:20 WIB

PDAM Sleman Bakal Perluas Jaringan di Daerah Ini

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Direktur PDAM Sleman Dwi Nurwanta (kiri), Bupati Sri Purnomo (tengah) dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sleman Purwanto saat soft launching produk air mineral kemasan PDAM Sleman, Sabtu (5/11/2016). (Abdul Hamid Razak/JIBI/Harian Jogja)

Keberadaan sistem SPAM Regional Kartamantul akan membuat kebutuhan masyarakat akan air segera terpenuhi

Harianjogja.com, SLEMAN-Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sleman sudah mulai memperluas jaringan penyediaan air berkenaan dengan program pemerintah pusat melalui SPAM Regional. Sejumlah daerah yang disasar antara lain Seyegan, Godean, Gamping, Mlati, Sleman, dan Depok.

Advertisement

Dwi Nurwata, Direktur PDAM Sleman mengatakan, rencana perluasan dilakukan di sejumlah daerah itu. “Rencana perluasan ada dan sudah dilakukan,” ujar dia, Sabtu (15/10/2017).

Khusus untuk Seyegan, perluasan akan dilakukan di sebagian wilayah, sedangkan di Kecamatan Depok terbatas di area perkotaan saja. Keenam kecamatan itu dipilih menjadi lokasi perluasan dengan pertimbanham cakupan layanan yang belum maksimal. Selain itu, disesuaikan pula dengan jangkauan jaringan transmisi dan distribusi yang ada.

Peluasan itu sendiri sudah mulai dilakukan sesuai dengan target pemerintah pusat untuk menyediakan air bersih kepada masyarakat. Rencananya, tambah Dwi, jaringan tersebut akan mulai bisa difungsikan pada 2018 mendatang.

Advertisement

Sementara itu, Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan pemanfaatan SPAM di Sleman meliputi wilayah Sleman barat diantaranya yaitu Gamping dan Godean. Selama ini, penggunaan air bersih SPAM regional fase I di Sleman berjumlah 2.419 unit langganan dari rencana jatah debit 50 liter per detik.

Ia mengatakan, berfungsinya SPAM Regional Kartamantul fase I telah banyak memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, diantaranya warga masyarakat yang rawan air bisa segera teratasi dan dapat menikmati air bersih sesuai standar kesehatan. Keberadaan sistem SPAM Regional Kartamantul akan membuat kebutuhan masyarakat akan air segera terpenuhi. “Manfaat fasilitas ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat secara merata,” ujar dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif