Sport
Senin, 16 Oktober 2017 - 21:25 WIB

LIGA SPANYOL : Valencia Bisa Ancam Dominasi Madrid-Barca

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Valencia (Twitter/@Valenciacf)

Liga Spanyol diwarnai dengan performa oke Valencia.

Solopos.com, SEVILLA — Liga Spanyol berjalan amat membosankan 15 tahun terakhir karena gelar juara hanya dikuasai Barcelona dan Real Madrid. Di periode itu, hanya sekali tim di luar duopoli yang memenangi trofi yakni Atletico Madrid di musim 2013/2014.

Advertisement

Namun dominasi Barca-Madrid agaknya bakal sedikit bergoyang musim ini menyusul penampilan impresif Valencia. Klub berjuluk Kelelawar Mestalla ini baru saja menghancurkan Real Betis dengan skor fantastis 6-3 di Estadio Benito Villamarin, Senin (16/10/2017) dini hari WIB.

Ini menjadi kemenangan keempat beruntun Dani Parejo dkk. di Liga Spanyol. Tiga poin itu pun langsung melambungkan Valencia ke peringkat kedua dengan 18 poin, unggul satu poin dari Real Madrid di peringkat ketiga. Mereka juga mampu menjaga jarak empat poin dengan pemimpin klasemen, Barcelona.

Penampilan luar biasa Valencia seperti mengingatkan pada kejayaan klub itu di awal periode 2000-an. Di bawah asuhan Rafael Benitez, Los Che dua kali sukses menggondol trofi Liga Spanyol yakni musim 2001/2002 dan 2003/2004. Valencia juga sempat ditakuti di level Eropa setelah dua kali meraih runner up Liga Champions bersama Hector Cuper musim 1999/2000 dan 2000/2001. Kini bersama Pelatih Marcelino Garcia Toral, masa kejayaan itu bisa kembali mendekat.

Advertisement

Winger Valencia, Goncalo Guedes, merasa timnya tak lagi menjadi underdog selepas pesta gol melawan Betis. “Kami melakukan sesuatu dengan sangat baik. Namun kami harus terus bekerja untuk mempertahankan peringkat atas hingga akhir klasemen,” ujarnya seperti dilansir Valenciacf.com, Senin.

Kekuatan Valencia musim ini yakni pada permainan direct football dan kejelian dalam memanfaatkan bola mati. Di laga kontra Betis, dua gol Valencia dari Geoffrey Kondogbia dan Rodrigo terjadi lewat skema sepak pojok.

Skema umpan langsung ke jantung pertahanan juga amat berbahaya, terbukti lewat gol Santi Mina dan Andres Pereira yang berlari menyambut umpan dari tengah lapangan untuk mencetak gol. Namun Valencia masih memiliki PR di lini belakang. Gol pertama Betis yang dicetak Joel Campbell berawal dari kesalahan bek dalam menyapu bola di lini pertahanan.

Advertisement

Gelandang Valencia, Geoffrey Kondogbia, mewanti-wanti tim agar tetap fokus di laga selanjutnya. “Kami akan bertemu lawan berat [Sevilla] akhir pekan ini. Kami harus mencoba untuk terus mencetak banyak gol dan menang,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif