Jogja
Minggu, 15 Oktober 2017 - 09:20 WIB

Siap-Siap, Pendaftaran Panwascam Dibuka Pekan Depan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemungutan suara Pemilu 2014 (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Panitia Pengawas (Panwas) Kota Jogja akan membuka pendaftaran calon panitia pengawas pemilu

Harianjogja.com, JOGJA-Panitia Pengawas (Panwas) Kota Jogja akan membuka pendaftaran calon panitia pengawas pemilu tingkat kecamatan (panwascam) pada Jumat, pekan depan.

Advertisement

“Pendaftaran Panwascam Dibuka selama satu pekan, mulai 20-26 Oktober,” kata Koordinator Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia Panwas Kota Jogja, Noor Harsya Aryo, Jumat (13/10/2017).

Sejumlah persyaratan yang harus dimiliki calon Panwascam adalah minimal berusia 25 tahun, memiliki karu tanda penduduk (KTP) Kota Jogja dan berdomisili di Jogja, pendidikan minimal sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat, dan tidak memiliki afiliasi dengan semua partai politik.

Harsya mengatakan dalam proses pendaftaran Panwascam, yang akan diproses ketika setiap kecamatan memenuhi target masing-masing sembilan pendaftar. Dalam tahapan tersebut, jika pendaftar tidak memenuhi kuota, pihaknya akan memperpanjang masa pendaftaran hingga 29 Oktober.

Advertisement

Selanjutnya nama-nama yang lolos administrasi akan diuji dengan meminta tanggapan dari masyarakat. “Ini untuk menjamin integritas Panwascam. Karena Panwascam harus bebas dari afiliasi dari partai politik,” kata Harsya.

Peserta yang lolos administrasi akan mengikuti tahapan tes lanjutan tertulis dan wawancara. Hasil tes tertulis akan memilih enam peserta yang berhak ikut ke jenjang wawancara. Dalam tes wawancara akan dipilih tiga orang yang kemudian langsung dilantik menjadi anggota Panwascam.

Harsya menambahkan masa tugas Panwascam selama 1,5 tahun dengan honor per anggota Rp1,2 juta per bulan. Sebelum bertugas, Panwascam akan mendapatkan bimbingan teknis soal pengawasan pemilu selama sebulan penuh. Selanjutnya mereka mulai berkerja.

Advertisement

“Tahapan paling dekat adalah mengawasi proses verifikasi partai politik,” ujar Harsya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif