News
Minggu, 15 Oktober 2017 - 14:40 WIB

PILKADA JATIM : PDIP Usung Gus Ipul dan Abdullah Azwar Anas

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (JIBI/Solopos/Antara/Saiful Arif)

PDIP akhirnya mengusung Gus Ipul dan Abdullah Azwar Anas di Pilkada Jatim.

Solopos.com, JAKARTA — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmi mengusung Saifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas sebagai calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pilkada Jawa Timur (Jatim). Hal tersebut diumumkan langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Advertisement

Megawati mengatakan keduanya dipilih PDIP karena dinilai memiliki rekam jejak yang baik. “Gus Ipul ini mendapat banyak penghargaan, saya sudah kenal lama banget,” kata dia di kantor DPP PDIP, Minggu, (15/10/2017).

Gus Ipul adalah Wakil Gubernur Jawa Timur saat ini. Sedangkan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dinilai sebagai sosok yang cerdas dan lincah. “Dia betul-betul menjalankan konsep trisaksi Bung Karno,” kata Megawati.

Sebelum mengumumkan pasangan ini, Megawati telah memanggil sejumlah kader dan tokoh yang erat dengan Jawa Timur kemarin. Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk memfinalisasi pembahasan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung oleh PDIP.

Advertisement

Megawati mengatakan bahwa pilihan PDIP jatuh kedua tokoh tersebut karena mereka dianggap memiliki kualitas dan kapabilitas dalam menjalankan amanat rakyat Jawa Timur. “Karena itulah kami menentukan pilihan kepada kedua tokoh ini,” paparnya.

Syaifulah Yusuf atau Gus Ipul merupakan Wakil Gubernur Jawa Timur saat ini berpasangan dengan Soekarwo atau Pakde Karwo. Sementara itu, Abdullah Azwar Anas merupakan Bupati Banyuwangi yang dikenal berhasil memajukan sektor pariwisata di ujung timur Jawa Timur ini.

Pengamat sosial politik Universitas Airlangga Surabaya Novri Susan sebelumnya telah menilai pasangan ini akan menjadi pasangan calon yang kuat dalam Pilkada Jatim. Keduanya dinilai sebagai pasangan nasionalis-religus yang dibutuhkan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif