Sejumlah pengurus DPD PKS Sukoharjo menyerahkan berkas pendaftaran di Kantor KPU Sukoharjo, Minggu (15/10/2017). (Bony Eko Wicaksono/JIBI/Solopos) Sejumlah pengurus DPD PKS Sukoharjo menyerahkan berkas pendaftaran di Kantor KPU Sukoharjo, Minggu (15/10/2017). (Bony Eko Wicaksono/JIBI/Solopos)
Minggu, 15 Oktober 2017 23:35 WIB Bony Eko Wicaksono/JIBI/Solopos Sukoharjo Share :

PEMILU 2019
Ini 6 Parpol yang Sudah Sah Terdaftar di KPU Sukoharjo, PDIP Belum Ada

Enam parpol sudah terdaftar dengan berkas lengkap di KPU Sukoharjo.

Solopos.com, SUKOHARJO — Enam partai politik (parpol) sudah terdaftar dengan berkas lengkap sebagai peserta Pemilu 2019 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo hingga Minggu (15/10/2017).

Mereka yakni Perindo, PKS, Partai Gerindra, PPP, Partai Golkar, dan PSI. Pantauan Solopos.com, Minggu, sejumlah pengurus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendatangi Kantor KPU Sukoharjo sekitar pukul 10.30 WIB. Mereka membawa beberapa kotak berisi dokumen administrasi pendaftaran parpol calon peserta pemilu.

Tak berapa lama kemudian, pengurus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) juga tiba di Kantor KPU Sukoharjo. Mereka lantas menyerahkan berkas dokumen administrasi kepada petugas KPU Sukoharjo.

Parpol lain tak ingin ketinggalan mendaftar sebagai calon peserta pemilu. Mereka yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Golkar, serta Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Komisioner Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Sukoharjo, Yulianto Sudrajat, mengatakan PKS dan Partai Gerindra dinyatakan telah memenuhi persyaratan sebagai calon peserta pemilu. Petugas telah menghitung dan mencocokkan data pengurus dan anggota yang dimasukkan parpol melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

“Kami telah memberi tanda terima kepada pengurus PKS dan Gerindra karena berkas dokumen telah lengkap,” kata dia saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu.

Sebelumnya, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) juga telah melengkapi berkas persyaratan pendaftaran calon peserta pemilu. Sementara PDIP dan Partai Nasdem telah mendaftar sebagai calon peserta pemilu namun berkas persyaratannya belum lengkap.

Mereka bisa melengkapi berkas dokumen persyaratan hingga batas akhir Senin (16/10/2017) pukul 24.00 WIB. “Pengurus PSI melengkapi berkas persyaratan administrasi dan dinyatakan memenuhi persyaratan. Begitu pula dengan PPP dan Partai Golkar, berkas dokumen telah lengkap,” papar dia.

Pria yang akrab disapa Drajat ini menambahkan KPU Sukoharjo membentuk tim help desk yang bertugas memberikan bimbingan teknis bagi para pengurus parpol yang ingin berkonsultasi ihwal berbagai persyaratan pendaftaran calon peserta pemilu. Sejumlah pengurus partai kerap berkonsultasi sebelum mendaftar sebagai calon peserta pemilu.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sukoharjo, Bambang Muryanto, mengatakan masing-masing parpol harus mendaftar dan melengkapi berkas dokumen sesuai data pengurus dan anggota di Sipol. Data itu terintegrasi antara pusat, provinsi, dan kota/kabupaten sehingga memudahkan dalam proses verifikasi yang dilakukan penyelenggara pemilu.

lowongan pekerjaan
Netra-Group, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…