News
Minggu, 15 Oktober 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 15 Oktober

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mikhail Gorbachev. (Bbc.com)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 15 Oktober, dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Semarangpos.com, SOLO – Terjadi bermacam-macam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 15 Oktober. Demi mengenangnya, berikut Semarangpos.com merangkum berbagai peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 15 Oktober, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

Advertisement

1066
Sehari setelah Raja Inggris Harold Godwinson tewas di tangan pasukan Normanda, Edgar II dari Wangsa Wessex mengklaim dirinya sebagai Raja Inggris menggantikan Edgar II. Status Edgar II sebagai raja Inggris itu diperdebatkan lantaran tak pernah ada penobatan resmi. Sekitar dua bulan kemudian, ia melepas takhta yang ia klaim setelah William I yang mengalahkan Harold Godwinson secara resmi dinobatkan sebagai raja Inggris.

1211
Pasukan Kekaisaran Latin berhasil mengalahkan pasukan Kekaisaran Nicea dalam pertempuran di dekat Sungai Rhyndacus, Kekaisaran Bizantium atau kini Sungai Mustafakemalpasa di Turki. Akibat kekalahan itu, beberapa wilayah kekuasaan Kekaisaran Nicea dicaplok Kekaisaran Latin.

Advertisement

1211
Pasukan Kekaisaran Latin berhasil mengalahkan pasukan Kekaisaran Nicea dalam pertempuran di dekat Sungai Rhyndacus, Kekaisaran Bizantium atau kini Sungai Mustafakemalpasa di Turki. Akibat kekalahan itu, beberapa wilayah kekuasaan Kekaisaran Nicea dicaplok Kekaisaran Latin.

Sketsa Pengepungan Wina, 1529. (Wikimedia.org)

1529
Pengepungan yang dilancarkan pasukan Kesultanan Ottoman di Wina, Austria yang berlangsung sejak 27 September pada  tahun yang sama berkahir. Pasukan Kesultanan Ottoman gagal mencaplok Wina setelah dipukul mundur pasukan Kekaisaran Romawi Suci yang dibantu pasukan Kerajaan Bohemia dan Spanyol.

Advertisement

1917
Penari eksotis kelahiran Belanda, Margaretha Geertruida Zelle atau yang akrab disapa Mata Hari diesekusi mati regu tembak Prancis di Paris, Prancis. Mata Hari dieksekusi mati setelah dituduh sebagai mata-mata Jerman untuk Prancis selama Perang Dunia I.

1935
Kaisar Etiopia Haile Selassie mengumpulkan tentara dalam jumlah yang sangat banyak untuk melakukan perang yang ia anggap sebagai perang suci demi merebut Kota Aksum dari pendudukan Italia. Sebenarnya, Etiopia telah kehilangan sekitar 20.000 tentaranya demi merebut kota tersebut. Meski demikian, ratusan ribu orang berdatangan dari seluruh penjuru Etiopia setelah seruan dari kaisar mereka untuk mengikuti perang yang dianggap suci itu digaungkan.

David Trezeguet. (Fanpop.com)

Advertisement

Mesut Ozil. (Thesun.co.uk)

1977
David Sergio Trezeguet lahir di Rouen, Prancis. Namanya lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub besar di Italia, yakni Juventus, dari 2000 hingga 2010. Selama membela Juventus, Trezeguet telah mencetak 130 gol dari 218 penampilannya di Liga Italia.

1988
Mesut Ozil lahir di Gelsenkirchen, Jerman Barat. Kini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela klub besar di Inggris, Arsenal, sejak 2013 silam. Sebelum berlabuh ke Arsenal, Ozil juga pernah membela klub raksasa di Spanyol, yakni Real Madrid, dari 2010 hingga 2013.

Advertisement

1990
Pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev dianugerahi Nobel Perdamaian atas upayanya untuk mengurangi ketegangan yang melibatkan Uni Soviet dan negara-negara lain di masa Perang Dingin. Selain itu, Gorbachev juga dianggap telah berupaya membuat bangsanya lebih terbuka terhadap dunia luar.

2013
Gempa bumi berkekuatan 7,2 sR mengguncang wilayah Visayas Tengah, Filipina. Bencana alam tersebut menyebabkan 222 orang tewas, delapan orang hilang, dan 976 lainnya mengalami luka-luka. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 13 Oktober
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 12 Oktober
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 11 Oktober

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif