Soloraya
Sabtu, 14 Oktober 2017 - 20:02 WIB

PEMILU 2019 : Hingga Sabtu Sore, Perindo Karanganyar Mulus

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - kader PDIP Karanganyar di kantor KPU, Sabtu (14/10/2017). PDIP Karanganyar menyerahkan 1.028 keanggotaan ke KPU. (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)

Pemilu 2019 tak lama lagi.

Solopos.com, KARANGANYAR — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar baru memberikan tanda terima (TT) ke Partai Perindo selama tahap pendaftaran calon peserta pemilihan umum (Pemilu) 2019. Pemberian TT itu menyusul sudah lengkapnya berkas persyaratan yang dikirim partai Perindo beberapa waktu lalu.

Advertisement

Kader Partai Demokrat Karanganyar, Sabtu (14/10/2017, di Kantor KPU. (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)

Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho, mengatakan salah satu berkas pendaftaran yang wajib disetor partai politik (parpol) untuk menjadi peserta Pemilu 2019, yakni jumlah keanggotaan parpol yang bersangkutan.

Selain harus sesuai dengan jumlah minimal di Karanganyar alias 896 anggota, jumlah keanggotaan itu juga harus sesuai dengan data yang di-inputparpol di sistem informasi partai politik (Sipol). Pelayanan pendaftaran peserta Pemilu 2019 dilayani hingga Senin (16/10/2017).

Advertisement

“Dari parpol yang ada di Karanganyar, Partai Perindo yang dinyatakan sudah fix[sampai Sabtu sore]. Partai Perindo menyerahkan jumlah keanggotaan sebanyak 1.341 anggota. Kami pun sudah mengeluarkan TT ke Partai Perindo. Hari ini [kemarin], PAN dan PDIP sedang proses [mendaftar]. Sedangkan, Partai Demokrat masih sebatas konsultasi. Jumlah keanggotaan ini menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi setiap parpol [angka 896 diperoleh dari seperseribu jumlah warga di Karanganyar],” katanya, saat ditemui wartawan di kantor KPU Karanganyar, Sabtu (14/10/2017).

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Karanganyar, Tri Hariadi, mengatakandata yang ter-input di Sipol untuk Partai Demokrat Karanganyar mencapai 1.195 anggota hingga, Sabtu pukul 11.00 WIB. Dalam perkembangannya, jumlah itu berubah menjadi 1.469 anggota, Sabtu sore.

“Kami sebenarnya sudah menyiapkan 1.214 keanggotaan. Ternyata, sore ini ada perubahan angka,” katanya.

Advertisement

Terpisah, Ketua DPC PDIP Karanganyar, Endang Muryani, mengatakan jumlah keanggotaan yang disetor ke KPU Karanganyar mencapai 1.028 orang. Jumlah tersebut dinilai sudah sesuai dengan data di Sipol KPU.

“Angka yang kami setor [jumlah keanggotaan yang disetor ke KPU Karanganyar] sudah sesuai dengan data di Sipol. Kami masih terus memelototi angka itu untuk berjaga-jaga kalau ada perubahan data,” katanya.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif