News
Jumat, 13 Oktober 2017 - 03:20 WIB

KPP Pratama Jogja Dorong UMKM Berpikir Kreatif

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pelaku usaha mengikuti pelatihan Tranformasi UMKM Kota Jogja menjadi Creativepreneur yang diselenggarakan KPP Pratama Kota Jogja di Rumah Kreatif Jogja, Rabu (11/10/2017). (Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati)

Kantor pajak ikut berwenang membuat UMKM berdaya saing tinggi

Harianjogja.com, JOGJA-Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) didorong memiliki daya pikir yang kreatif. Jangan sampai UMKM hanya ikut-ikutan berbisnis tanpa melihat kebutuhan konsumen.

Advertisement

Dorongan tersebut dibuktikan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jogja dengan memfasilitasi pelatihan UMKM melalui kegiatan pelatihan Tranformasi UMKM Jogja menjadi Creativepreneur. Pelatihan diisi oleh narasumber dari Perkumpulan Perempuan Wirausaha (Perwira) Jogja dan Rumah Kreatif Jogja (RKJ), di RKJ Sagan, Rabu (11/10/2017).

Kepala KPP Pratama Jogja Agung Prabowo menyampaikan, saat ini kantor pajak tidak semata menarik pajak dari kalangan pengusaha, tetapi juga ikut berperan mengembangkan pelaku usaha agar naik kelas. Ia mengakui, saat bertemu dengan pengusaha besar, pegawai pajak bisa langsung menyampaikan kewajiban perpajakannya. Namun, saat bertemu dengan UMKM, pegawai pajak mengemas dengan cara yang berbeda.

“Kami beri pelatihan kepada mereka tentang pembukuan sederhana, perizinan, pemasaran sehingga mereka bisa memanage dengan baik,” katanya pada Harian Jogja di sela-sela acara.

Advertisement

Ia mengatakan, kantor pajak ikut berwenang membuat UMKM berdaya saing tinggi. Yang terpenting baginya adalah UMKM mampu mengenali perilaku dan apa yang dibutuhkan konsumen, sehingga tidak hanya membuat produk tanpa mengetahui seberapa besar manfaatnya bagi konsumen.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif