Jogja
Jumat, 13 Oktober 2017 - 15:20 WIB

Apresiasi Masyarakat Tinggi, Wayang Jogja Night Carnival Diusulkan Masuk Agenda Kemenpar

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pawai Budaya bertema Wayang Jogja Night Carnival memperingati HUT Kota Jogja diadakan di Tugu Jogja (Facebook Tic Kota Jogja)

Dinas Pariwisata Kota Jogja mengklaim penyelenggaraan Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) pada puncak acara Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jogja ke-261 pada 7 Oktober lalu, mendapat apresiasi dari masyarakat luas

 
Harianjogja.com, JOGJA– Dinas Pariwisata Kota Jogja mengklaim penyelenggaraan Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) pada puncak acara Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jogja ke-261 pada 7 Oktober lalu, mendapat apresiasi dari masyarakat luas.

Advertisement

Pihaknya berencana mengajukan even tersebut masuk dalam kalender kegiatan Kementrian Pariwisata.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Kota Jogja, Yunianto Dwi Sutono menatakan usulan tersebut sudah disampaikan secara lisan melalui Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Budaya Kemenpar RI. Namun untuk menuju agenda Kemenpar butuh berbagai persyaratan.

“Syaratnya, agenda yang sama harus digelar minimal lima kali berturut-turut, temanya harus sama, tempat dan waktunya juga harus sama,” kata Yunianto, saat dihubungi Kamis (12/10/2017). Ia optimis dapat memenuhi persyaratan tersebut.

Advertisement

Wayang Jogja Night Carnival baru dua kali digelar di Jogja. Acara tersebut merupakan puncak acara HUT Kota Jogja yang pesertanya melibatkan ribuan masyarakat Kota Jogja. Pawai wayang dimulai dari Timur Jembatan Gondolayu sampai Tugu Jogja. Waktu penyelenggaraan dimulai pukul 18.30-22.30 WIB.

Semua peserta merupakan perwakilan dari kecamatan. Masing-masing kecamatan membawakan tema sesuai tokoh wayang yang sudah ditentukan. Kegiatan ini menyedot banyak penonton dari warga dan wisatawan, sehingga Dinas Perhubungan pus harus menutup sejumlah arus lalu lintas yang menuju arah Tugu.

Yunianto mengatakan meski secara umum Wayang Jogja Night Carnival mendapat apresiasi masyarakat. Namun pihaknya masih membutuhkan evaluasi keseluruhan yang melibatkan banyak pihak dari seniman, kecamatan, kelurahan, mau pun masyarakat. “Hasil evaluasi akan didiskusikan lagi untuk perbaikan di tahun depan,” ujar dia.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Jogja Night Carnival
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif