News
Kamis, 12 Oktober 2017 - 01:00 WIB

Pendidikan Tinggi 2 Tahun di Amerika Kini Populer di Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Ayu Prawitasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pendidikan Teknologi Informasi. (www.sido.ru)

Pendidikan 2 tahun di Amerika kini populer di Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA— Pendidikan tinggi dua tahun (community college) di Amerika kini populer. Edmonds Community College, misalnya, selama 20 tahun terakhir telah mendidik 200 siswa asal Indonesia. Jumlah itu sekitar 10 persen dari total jumlah siswa internasional yang diterima setiap tahun.

Advertisement

Sementara itu, pusat bimbingan untuk persiapan studi di Amerika Serikat, EducationUSA, menyelenggarakan pameran pendidikan khusus perguruan tinggi dua tahun (community college) di Jakarta, Selasa (10/10/2017).

Kegiatan yang diikuti 16 perguruan tinggi tersebut menawarkan beberapa keunggulan di antaranya biaya kuliah yang lebih murah dibanding pendidikan strata-1 empat tahun; banyak jurusan di bidang akademik yang mutakhir; hingga jaminan proses transisi yang mulus bagi mahasiswa untuk melanjutkan ke universitas.

“Pertukaran pendidikan adalah bagian penting dalam hubungan AS dan Indonesia. Dengan membantu lebih banyak siswa Indonesia belajar di AS ini akan menjembatani hubungan yang semakin kuat,” kata Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan di sela-sela pameran pendidikan tersebut seperti dilansir Antara, Selasa.

Advertisement

Tiga dari 16 perwakilan perguruan tinggi dua tahun diketahui memiliki ratusan siswa yang berasal dari Indonesia. Ini membuktikan program community college telah dikenal masyarakat Indonesia meskipun belum secara luas. Edmonds Community College Seattle di Washington, contohnya, tidak hanya menawarkan biaya studi yang lebih terjangkau, tetapi juga layanan konseling individu untuk persiapan menuju universitas yang diinginkan.

Pada tahun pertama sekolah, siswa akan mempelajari persyaratan pendidikan umum seperti bahasa Inggris, matematika, ilmu humaniora, dan sains. Baru pada tahun kedua siswa akan mempelajari bidang-bidang spesifik sesuai jurusan yang akan mereka ambil ketika melanjutkan ke universitas.

Dengan biaya US$19 ribu per tahun, Edmonds Community College mampu mentransfer lulusannya ke universitas-universitas top seperti University of California, Berkeley dan University of Washington, maupun menjalani dua tahun tambahan masa kuliah sebelum mendapat gelar strata-1 (bachelor).

Advertisement

“Dari segi biaya kami sangat kompetitif karena kalau langsung mengambil program strata-1 di UC Berkeley, misalnya, setiap tahun Anda harus membayar sekitar US$60 ribu,” ujar perwakilan dari Edmonds Community College Thalia Saplad.

Thalia senang menerima ratusan siswa asal Indonesia setiap tahunnya karena selain terkenal pintar dalam bidang matematika dan sains, mereka juga sangat disiplin, berkomitmen kuat, serta fokus mencapai sukses. “Menyadari sistem pendidikan di Indonesia tidak semaju di negara kami, jadi para siswa tersebut tahu bahwa mereka harus belajar dan berusaha lebih giat dalam lingkungan akademis yang lebih menantang,” tutur dia.

Secara keseluruhan AS memiliki 982 perguruan tinggi dua tahun dan sekitar 50 persen warga AS memulai perjalanan meraih gelar strata-1 mereka dari sekolah-sekolah tersebut. Setelah lulus dari perguruan tinggi dua tahun, para siswa akan memperoleh gelar associates degree yang dapat digunakan untuk proses transfer ke universitas atau untuk mendapat izin kerja selama satu tahun di perusahaan atau institusi tertentu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif