Ilustrasi sepak bola. (JIBI/Harian Jogja/Dok.) Ilustrasi sepak bola. (JIBI/Harian Jogja/Dok.)
Kamis, 12 Oktober 2017 00:30 WIB Moh. Khodiq Duhri/JIBI/Solopos Sukoharjo Share :

16 Tim SSB Adu Kuat di Lapangan Kertonatan Sukoharjo

Turnamen SSB digelar di Sukoharjo.

Solopos.com, SUKOHARJO — Sebanyak 16 tim sekolah sepak bola (SSB) ambil bagian dalam Kompetisi Sepak Bola Liga Pembinaan Murni (LPM) Korwil Soloraya di Lapangan Kertonatan, Kartasura, Sukoharjo, Minggu (15/10/2017).

Sebagian besar dari 16 tim itu berasal dari SSB se-Soloraya. Hanya ada dua tim dari luar Soloraya yakni Ganesha Purwodari dan DBMK NTT. Ganesha Purwodadi tergabung di Grup D bersama Putra Sejati Sragen, Ika Elang Klaten dan KFC Sragen. Sementara DBMK NTT tergabung di Grup B bersama R2 Sukoharjo, Pesat Karanganyar dan Ika Rajawali Klaten.

“Kebetulan saya kenal dengan pimpinan DBMK NTT. Saat kami bertemu di Jogja, dia tertarik membawa DBMK NTT mengikuti turnamen ini. Saya menyambutnya dengan tangan terbuka,” jelas Ketua LPM Korwil Soloraya, Herry Prasetyo, kepada Solopos.com, Rabu (11/10/2017).

Herry menjelaskan turnamen ini hanya berlaku untuk pemain usia dini kelahiran 2006 atau kelompok usia (KU) 11 tahun. Pertandingan akan berlangsung selama 10×2 menit dengan jeda dua menit untuk istirahat.

Line up hanya diisi sembilan pemain. Masing-masing tim beranggotakan 12-15 pemain. Seluruh pemain pengganti atau cadangan harus diberi kesempatan bermain. Pergantian pemain dalam dilakukan sewaktu-waktu tanpa menunggu jeda.

Di babak penyisihan grup, pertandingan berlangsung dengan sistem setengah kompetisi. Hanya juara grup dan runner up yang berhak melaju ke babak berikutnya atau delapan besar. Babak delapan besar menggunakan sistem gugur.

“Empat besar tim berhak melaju ke babak kualifikasi di tingkat provinsi. Tapi, empat besar tetap akan dipertandingkan untuk menentukan Juara I, II dan III,” ucap Herry.

Herry menilai peta kekuatan tim cukup merata. Ini karena semua tim diperkuat pemain yang masih berusia 11 tahun. “Susah meraba-raba kekuatan masing-masing tim karena skuat mereka masih usia dini. Jadi, saya bilang kekuatan tim sangat merata,” papar Herry.

lowongan pekerjaan
CV.Indra Daya Sakti, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…