Kabid Perikanan DKP DIY Suwarman Partosuwiryo Kabid Perikanan DKP DIY Suwarman Partosuwiryo. (Harian Jogja/Holy Kartika N.S)
Rabu, 11 Oktober 2017 22:55 WIB Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Tidak Ada Laporan Ikan Patin Vietnam Masuk Jogja

Untuk ikan impor, sebagian besar pasar modern hanya menyediakan ikan Salmon

Solopos.com, JOGJA-Ditemukannya ikan patin asal Vietnam yang mengandung zat berbahaya di Jakarta, tidak memengaruhi pasaran ikan ini di Jogja. Pasalnya, penjualan ikan yang juga dikenal dengan nama ikan dori ini tidak terlalu banyak di kota ini.

Kepala Bidang Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) DIY Suwarman Partosuwiryo mengaku sampai saat ini belum ada keluhan dari masyarakat akan adanya ikan patin asal Vietnam.

“Bahkan, saya juga sering melakukan pemantauan di pasar-pasar modern di Jogja. Saya perhatikan ikan yang dipasarkan tidak ada jenis patin tersebut. Sebagian besar masih [ikan patin] lokal,” ujar Suwarman saat ditemui di kantornya, Selasa (10/10/2017).

Suwarman mengatakan penggemar ikan patin di Jogja masih relatif kecil. Sebagian besar masyarakat masih belum gemar mengkonsumsi ikan jenis ini. Pasalnya, tekstur daging ikan patin yang cenderung berlemak, kurang diminati.

Kendati demikian, selama ini DKP DIY terus melakukan pemantauan terhadap jenis ikan impor maupun yang berasal dari luar DIY. Untuk ikan impor, sebagian besar pasar modern hanya menyediakan ikan Salmon.

lowongan pekerjaan
PT.KARTINI TEH NASIONAL (TEH DANDANG), informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Jokowi Raja Batak

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (13/01/2018). Esai ini karya Advent Tarigan Tambun, inisiator Sinabung Karo Jazz 2017. Alamat e-mail penulis adalah atambun@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Saya bukan ahli budaya Batak. Dengan jujur saya harus mengatakan bahwa pengetahuan saya tentang budaya…