Kesebelasan PSIS Semarang. (Instagram-@psisfcofficial) Kesebelasan PSIS Semarang. (Instagram-@psisfcofficial)
Rabu, 11 Oktober 2017 11:50 WIB Imam Yuda S./JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

LIGA 2
Begini Skenario PSIS Lolos ke 8 Besar

Liga 2, persaingan lolos ke delapan besar berjalan sengit di Grup B.

Solopos.com, SEMARANG – Persaingan memperebutkan tiket Babak 8 Besar Liga 2 dari Grup B berjalan sengit. Keempat tim yang berada di Grup, yakni PSIS Semarang, PSMS Medan, Persibat Batang, dan Persita Tangerang, masih memiliki peluang untuk melangkah ke delapan besar atau perempat final. Begini skenarionya:

Tiket untuk dua tim yang lolos ke delapan besar akan ditentukan di laga terakhir Grup B, Rabu (11/10/2017), di mana PSIS Semarang melawan Persibat Batang di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, dan Persita Tangerang menjamu PSMS Medan di Stadion Singaperbangsa, Karawang.

[Baca juga PSIS Tabu Kalah di Laga Pamungkas]

PSIS saat ini menempati posisi capolista di Grup B dengan torehan 10 poin. Kondisi itu membuat PSIS bakal melenggang ke delapan besar, asalkan pada laga kontra Persibat minimal meraih satu poin atau hasil seri.

Tambahan satu poin akan membuat PSIS memastikan tiket ke Babak 8 Besar Liga 2 sebagai juara Grup B.

Namun jika kalah dari Persibat, PSIS masih tetap berpeluang lolos. Asalkan pada laga Grup B lainnya, PSMS Medan menelan kekalahan dari Persita Tangerang.

Jika skenarionya demikian, PSIS pun akan lolos ke delapan besar sebagai runner up Grup B, bersama Persibat sebagai juara grup. Persibat menjadi juara grup karena unggul head to head atas PSIS, meskipun keduanya sama-sama mengoleksi 10 poin.

Sementara, Persibat akan lolos ke delapan besar jika mampu mengalahkan PSIS. Namun, jika dalam laga kontra PSIS, Persibat hanya meraih seri kans lolos ke fase berikut masih terbuka. Asalkan, pada laga lainnya PSMS kalah di kandang Persita.

Sedangkan PSMS bisa lolos ke delapan besar, asalkan mampu mengalahkan Persita. Skuat berjuluk Ayam Kinantan itu akan lolos sebagai juara grup jika mampu mengalahkan Persita dengan selisih 2-0. Sementara di partai lainnya, PSIS takluk dari Persibat dengan selisih gol lebih kecil dibandingkan yang dilesakkan PSMS ke gawang Persita. Jika skenarionya seperti itu, maka wakil Grup B di delapan besar adalah PSMS dan Persibat.

Namun, PSMS akan lolos ke delapan besar sebagai runner up Grup B, dengan catatan mampu meraih kemenangan atau seri dari Persita. Sementara, pada laga lainnya PSIS menaklukan Persibat. Jika yang terjadi demikian, maka PSIS dan PSMS lah yang berhak mewakili Grup B di Babak 8 Besar Liga 2.

Sementara itu, di antara keempat tim lainnya kans Persita lolos ke perempat final memang yang paling kecil. Namun, bukan berarti Persita sudah tak berpeluang.

Skuat besutan Bambang Nurdiansyah itu tetap memiliki peluang, asalkan pada laga terakhirnya mampu menang dengan skor besar atau selisih gol lebih dari 5-0 dari PSMS. Sementara, di laga lain Persibat tumbang dari PSIS.

Jika hal itu terjadi, maka Persita akan mengemas poin tujuh, sama dengan milik PSMS dan Persibat. Namun, Persita lebih berhak mendampingi PSIS ke Perempat Final Liga 2 karena memiliki selisih gol lebih baik dari Persibat dan unggul secara head to head dari PSMS.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

lowongan pekerjaan
SUMBER BARU BEJEKI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….