Rabu, 11 Oktober 2017 05:35 WIB Sri Sumi Handayani/JIBI/Solopos Karanganyar Share :

LALU LINTAS KARANGANYAR
Tekan Risiko Kecelakaan, Dishub Pasang Guardrail di 3 Ruas Jalan Ini

Dishub PKP Karanganyar akan memasang guardrail di tiga ruas jalan yang rawan kecelakaan.

Solopos.com, KARANGANYAR — Dinas Perhubungan Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dishub PKP) Karanganyar akan memasang guardrail atau pagar pengaman di sejumlah ruas jalan rawan kecelakaan.

Kepala Dishub PKP Karanganyar, Sundoro, menyampaikan hal itu saat berbincang dengan wartawan beberapa waktu lalu. Semula, pagar pengamanan hanya akan dipasang di ruas Ngargoyoso-Cetho. Tetapi, setelah tim Dishub PKP Karanganyar mengecek rencana di kertas dengan kondisi di lapangan, rencana itu diubah.

“Tim teknis memetakan ruas rawan kecelakaan. Akhirnya dirombak. Ada lokasi lain yang juga memerlukan pagar pengaman,” kata Sundoro saat dihubungi Solopos.com, Selasa (10/10/2017).

Dishub PKP akan memasang guardrail di ruas Wonosari-Tuban, ruas Jenawi-Kerjo, dan ruas Ngargoyoso-Cetho. Pemasangan guardrail dari Ngargoyoso-Cetho sudah dianggarkan dalam APBD 2017.

Tetapi, perubahan rencana membuat pemasangan pagar pengaman molor. Pemasangan pagar pengaman akan menggunakan dana APBD Perubahan 2017.

Ruas Wonosari-Tuban akan dipasangi guardrail sepanjang 95 meter mulai dari dekat jembatan di Wonosari. Pemasangan guardrail di ruas Jenawi-Kerjo sepanjang 54 meter terbagi di sejumlah lokasi, seperti penggal jembatan 18 meter, Blingi sepanjang 8 meter, dan setelah Pasar Gumeng 28 meter.

Jalur Ngargoyoso-Cetho akan dipasang di sejumlah lokasi, yakni di Puntukrejo, dua sisi bukit Kemuning, pintu masuk air terjun, tugu Gumeng, pintu masuk Desa Gumeng, dan depan sekolah di Gumeng.

“Kami pilih lokasi yang sudah paling mendesak. Anggarannya Rp996,5 juta. Beberapa lokasi pernah menjadi lokasi kecelakaan maut, seperti jalur ke Candi Cetho,” ujar dia.

Sundoro menjelaskan Pemkab tidak akan berhenti sampai di situ. Dishub PKP akan memetakan jalur rawan kecelakaan lainnya, yakni Jatiyoso. Pengadaan guardrail dilakukan bertahap karena keterbatasan anggaran.

Sundoro mengungkapkan guardrail idealnya dipasang di setiap tikungan. “Nanti survei menyeluruh. Kami akan usul tahun 2018. Di Jatiyoso yang berbukit-bukit. Tipikal jalan sempit dan menikung tajam,” ungkap dia.

Selain pemasangan guardrail, Dishub PKP juga memasang 160 rambu peringatan kondisi jalan. Prioritas pemasangan di Kemuning, Ngargoyoso; rute menuju Candi Sukuh, Desa Berjo, Ngargoyoso; dan Candi Cetho, Desa Gumeng, Jenawi.

lowongan pekerjaan
Penerbit Ziyad Visi Media, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

BERITA TERPOPULER
Crane Ambruk Hingga Cerita Foto Jokowi Lap Sepatu Pakai Tisu

Berita terpopuler Solopos.com hari ini adalah berita tentang Crane pembangunan hotel roboh menimpa rumah Ketua RT. Solopos.com, SOLO – Kecelakaan kerja terjadi dalam proses pembangunan Hotel Swiss Bell di Kampung Cinderejo Lor, RT002/RW006, Gilingan, Banjarsari, Solo. Crane milik PT Surya…