News
Rabu, 11 Oktober 2017 - 16:01 WIB

HUT JOGJA : SMP Muhdela Gelar Beragam Lomba

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pelaksanaan kegiatan peringatan HUT Kota Jogja ke-261 di SMP Muhdela, Senin (9/10/2017). (IST)

“Kami berharap Jogja sebagai kota pendidikan, kota budaya, serta kota pariwisata tetap mempertahankan nilai-nilai serta budaya yang ada”

Harianjogja.com, JOGJA –SMP Muhammadiyah 8 menyemarakkan HUT Kota Jogja ke-261 dengan menggelar upacara dan beragam perlombaan di Jalan Kenari Miliran UH II /302, Muja Muju, Umbulharjo, Jogja, Senin (9/10/2017).

Advertisement

Meski tak dilaksanakan tepat pada 7 Oktober lalu, tapi peringatan itu tidak mengurangi kemeriahan dan esensi dari HUT ke-261 Jogja. Dalam pelaksanaan upacara bendera guru dan siswa memakai baju adat khas Jogja. Dalam upacara bendera juga menggunakan Bahasa Jawa.

Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 8 (Muhdela) Jogja Purwantini menjelaskan, kegiatan itu merupakan rutinitas sekolahnya setiap HUT Jogja. Tujuannya, menanamkan rasa cinta terhadap Jogja serta melatih para siswa melestarikan budaya. Tahun ini SMP Muhammadiyah 8 merupakan satu-satunya sekolah yang melaksanakan upacara dalam rangka peringatan HUT Jogja.

“Kami berharap Jogja sebagai kota pendidikan, kota budaya, serta kota pariwisata tetap mempertahankan nilai-nilai serta budaya yang ada. Karena banyak generasi muda yang tidak kenal dengan budayanya, oleh karena itulah kami berinisiatif melaksanakan kegiatan seperti ini meskipun tidak ada edaran dari dinas,” terangnya, Senin (9/10/2017).

Advertisement

Ia bahkan sepakat jika permainan tradisional dan makanan tradisional bisa ikut dimasukkan dalam kurikulum. Misalnya permainan egrang, gobak sodor dimasukkan dalam olah raga. Selain untuk memperkenalkan budaya kepada anak juga dapat mengurangi waktu mereka bermain gadget.

“Atau setiap kantin sekolah barangkali bisa diwajibkan menyediakan makanan tradisional seperti cenil agar anak-anak tidak melulu kenal dengan burger,” tuturnya.

Beragam lomba yang diikuti seperti, tembang, dimas diajeng yang diikuti perwakilan kelas serta lomba keluwesan berpakaian diikuti oleh seluruh siswa di sekolah tersebut. Para siswa pun larut dalam kegembiraan mengikuti perlombaan terutama ketika lomba tembang berlangsung.

Advertisement

Linda siswa kelas 8C mengaku senang dengan diadakannya berbagai macam kegiatan. “Ya senang sekali ada banyak kegiatan seperti ini.  Meskipun nanti pelajaran lagi tapi bisa ikut kegiatan-kegiatan yang menyenangkan dan meriah jadi tidak jenuh,” kata dia.

Advertisement
Kata Kunci : HUT JOGJA SMP Muhdela
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif