SMP Muhdela Pelaksanaan kegiatan peringatan HUT Kota Jogja ke-261 di SMP Muhdela, Senin (9/10/2017). (IST)
Rabu, 11 Oktober 2017 16:01 WIB Sunartono/JIBI/Harian Jogja Pendidikan Share :

HUT JOGJA
SMP Muhdela Gelar Beragam Lomba

“Kami berharap Jogja sebagai kota pendidikan, kota budaya, serta kota pariwisata tetap mempertahankan nilai-nilai serta budaya yang ada”

Solopos.com, JOGJA –SMP Muhammadiyah 8 menyemarakkan HUT Kota Jogja ke-261 dengan menggelar upacara dan beragam perlombaan di Jalan Kenari Miliran UH II /302, Muja Muju, Umbulharjo, Jogja, Senin (9/10/2017).

Meski tak dilaksanakan tepat pada 7 Oktober lalu, tapi peringatan itu tidak mengurangi kemeriahan dan esensi dari HUT ke-261 Jogja. Dalam pelaksanaan upacara bendera guru dan siswa memakai baju adat khas Jogja. Dalam upacara bendera juga menggunakan Bahasa Jawa.

Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 8 (Muhdela) Jogja Purwantini menjelaskan, kegiatan itu merupakan rutinitas sekolahnya setiap HUT Jogja. Tujuannya, menanamkan rasa cinta terhadap Jogja serta melatih para siswa melestarikan budaya. Tahun ini SMP Muhammadiyah 8 merupakan satu-satunya sekolah yang melaksanakan upacara dalam rangka peringatan HUT Jogja.

“Kami berharap Jogja sebagai kota pendidikan, kota budaya, serta kota pariwisata tetap mempertahankan nilai-nilai serta budaya yang ada. Karena banyak generasi muda yang tidak kenal dengan budayanya, oleh karena itulah kami berinisiatif melaksanakan kegiatan seperti ini meskipun tidak ada edaran dari dinas,” terangnya, Senin (9/10/2017).

Ia bahkan sepakat jika permainan tradisional dan makanan tradisional bisa ikut dimasukkan dalam kurikulum. Misalnya permainan egrang, gobak sodor dimasukkan dalam olah raga. Selain untuk memperkenalkan budaya kepada anak juga dapat mengurangi waktu mereka bermain gadget.

“Atau setiap kantin sekolah barangkali bisa diwajibkan menyediakan makanan tradisional seperti cenil agar anak-anak tidak melulu kenal dengan burger,” tuturnya.

Beragam lomba yang diikuti seperti, tembang, dimas diajeng yang diikuti perwakilan kelas serta lomba keluwesan berpakaian diikuti oleh seluruh siswa di sekolah tersebut. Para siswa pun larut dalam kegembiraan mengikuti perlombaan terutama ketika lomba tembang berlangsung.

Linda siswa kelas 8C mengaku senang dengan diadakannya berbagai macam kegiatan. “Ya senang sekali ada banyak kegiatan seperti ini.  Meskipun nanti pelajaran lagi tapi bisa ikut kegiatan-kegiatan yang menyenangkan dan meriah jadi tidak jenuh,” kata dia.

lowongan pekerjaan
PT. SEJATI CIPTA MEBEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

Dana Pensiun Ternyata Bukan Untuk PNS Saja

“Tahun kemarin [2016] ada satu yang dilikuidasi. Bisa saja karena pendanaannya tidak kuat” Solopos.com, JOGJA-Belum banyak masyarakat yang memahami dana pensiun swasta meskipun keberadaannya telah diatur dalam Undang-Undang No 11/1992 tentang Dana Pensiun. Jamaludin Joyoadikusumo selaku Direktur Dana Pensiun Muhammadiyah…