Jogja
Rabu, 11 Oktober 2017 - 12:20 WIB

Gebleg Asli Kulonprogo Kini Ada di Jogja

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gebleg Samigaluh Pak Sabar di Jalan Kaliurang KM 4 (sebelah barat Grha Sabha Pramana UGM), Jumat, (6/10/2017). (Yohana Fitri Lestari/ Harian Jogja)

Penikmat kuliner gebleg khas Kulonprogo kini tidak perlu jauh-jauh datang ke sana

Harianjogja.com, SLEMAN – Penikmat kuliner gebleg khas Kulonprogo kini tidak perlu jauh-jauh datang ke sana. Cukup datang ke Gebleg Samigaluh Pak Sabar yang berada di Jalan Kaliurang KM 4 (sebelah barat Grha Sabha Pramana UGM, pinggir jalan).

Advertisement

Gebleg merupakan makanan khas Kulonprogo yang terbuat dari sari singkong. Selain menjadi kegemaran warga Kulonprogo, gebleg juga digemari pelancong yang berwisata ke Kulonprogo.

Gebleg memiliki cita rasa yang khas. Kenikmatan geblek yang khas ialah saat  geblek masih hangat. Memanjakan lidah dengan kerenyahan dan kekenyalannya, membuat penikmatnya tak ingin berhenti menyantap.

Usaha berjualan gebleg sudah banyak ditekuni warga Kulonprogo termasuk Sabar. Memulai bisnis geblek pada tahun 2001, Sabar kini telah memiliki 2 cabang usaha gebleg yang berada di Magelang dan Jalan Kaliurang.

Advertisement

Ia memilih lokasi tersebut karena permintaan pelanggan yang menyarankan untuk membuka cabang di Sleman dan memperhitungkan kedekatan dengan pembeli yang tidak perlu datang jauh-jauh ke Samigaluh.

“Biar pelanggan yang dekat dengan pusat kota tidak kejauhan kalau mau beli”, kata Sabar saat ditemui Harianjogja.com, Jumat (6/10/2017).

Anda dapat menikmati satu porsi Gebleg Samigaluh Pak Sabar ini dengan harga Rp10.000. Cukup terjangkau untuk kantong pelajar/mahasiswa. Setiap harinya ia berjualan dari pukul 16.30 WIB hingga 23.00 WIB. Selain datang langsung ke lokasi, pembeli juga dapat memesan geblek terlebih dulu melalui media seluler.

Advertisement

Keuntungan bersih yang ia dapat dalam sehari berkisar antara Rp200.000-Rp280.000. Belum banyak warga Sleman dan sekitarnya yang mengetahui usaha Gebleg Samigaluh Pak Sabar, karena sejauh ini promosi yang ia lakukan hanya dari mulut ke mulut. Sedangkan untuk media sosial ia tidak memiliki. Tidak jarang ada pembeli yang turut membantunya untuk promosi melalui media sosial.

Usaha gebleg menjadi pilihan Sabar untuk mencari rejeki. Selain karena proses pembuatan yang cukup mudah, Sabar ingin turut melestarikan kuliner khas Kulonprogo supaya tetap ada dan terus berkembang, sehingga Kulonprogo semakin dikenal luas dengan geblegnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif