Timnas Amerika Serikat (JIBI/Solopos/Reuters)
Rabu, 11 Oktober 2017 21:25 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Internasional Share :

Gagal ke Piala Dunia, AS Catat Prestasi Terburuk Sejak 1986

Piala Dunia 2018 tak akan diikuti Amerika Serikat.

Solopos.com, CIUDAD DE PANAMA — Amerika Serikat (AS) secara mengejutkan gagal lolos ke Piala Dunia 2018. Itu karena pada laga terakhir Kualifikasi Zona CONCACAF, Rabu (11/10/2017) WIB, tim berjuluk The Yanks tersebut kalah1-2 dari Trinidad & Tobago sementara Panama mengalahkan Kosta rika 2-1.

AS pun harus puas finis di peringkat kelima klasemen akhir kualiifkasi. Padahal, hanya tiga tim yang lolos otomatis ke Rusia, lokasi Piala Dunia 2018. Sedangkan tim yang finis di posisi keempat akan berjumpa Australia pada play-off interkontinental, medio November mendatang.

Inilah kali pertama AS gagal menembus Piala Dunia sejak 1986. Selama sekitar tiga dekade ini, Negeri Paman Sam, julukan AS, tak pernah absen di turnamen paling akbar di dunia tersebut. “Tidak ada yang salah dengan apa yang sudah kami upayakan. Terutama dengan liga domestik, yang berhubungan dengan program tim nasional,” jelas Pelatih AS, Bruce Arena, seperti dilansir Espnfc.com.

“Kami punya pemain muda yang berkembang. Tidak ada yang perlu diubah. Kami sudah memiliki sistem bagus dengan liga profesional. Kami juga punya pemain berkualitas yang bermain di luar negeri,” sambungnya.

Seandainya AS menang tas Trinidad & Tobago, maka Christian Pulisic cs. bisa melenggang ke Rusia tahun depan. Tapi The Yanks malah tertinggal dua gol terlebih dahulu karena gol bunuh diri pemain AS, Omar Gonzalez, dan gol dari pemain Trinidad & Tobago, Alvin Jones, di babak pertama. AS hanya bisa memperkecilnya dengan sumbangan gol Pulisic di babak kedua.

Celakanya, pesaing mereka, Panama justru mampu mengalahkan Kosta Rika dengan skor 2-1 di Ciudad de Panama. Panama sebenarnya sempat tertinggal gol Kosta Rika yang dilesakkan Johan Venegas. Panama akhirnya bisa membalasnya dengan dua gol lewat Gabriel Torres dan Roman Torres.

Go, Gabriel Torres pun sangat kontroversial karena bola disebut-sebut belum melewati garis gawang Kosta Rika. Seperti dilansir Dailymail.co.uk, sebuah video dari penonton menunjukkan dengan jelas “gol hantu” tersebut. Tapi saat pertandingan berlangsung, wasit mengesahkan gol tersebut.

lowongan pekerjaan
SOLO GRAND MALL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

BERITA TERPOPULER
Crane Ambruk Hingga Cerita Foto Jokowi Lap Sepatu Pakai Tisu

Berita terpopuler Solopos.com hari ini adalah berita tentang Crane pembangunan hotel roboh menimpa rumah Ketua RT. Solopos.com, SOLO – Kecelakaan kerja terjadi dalam proses pembangunan Hotel Swiss Bell di Kampung Cinderejo Lor, RT002/RW006, Gilingan, Banjarsari, Solo. Crane milik PT Surya…