Pencanangan Kampung KB di Dusun Cembing, Desa Trimulyo, Jetis, Bantul, Selasa(10/10/17). (M102/JIBI/Harian Jogja) Pencanangan Kampung KB di Dusun Cembing, Desa Trimulyo, Jetis, Bantul, Selasa(10/10/17). (M102/JIBI/Harian Jogja)
Rabu, 11 Oktober 2017 06:40 WIB M102/JIBI/Harian Jogja) Bantul Share :

Dusun di Bantul Ini Dipilih Jadi Kampung KB

Pemerintah menyosialisasikan Kampung KB di Dusun Cembing, Trimulyo, Jetis, Bantul.

Solopos.com, BANTUL— Salah satu program pemerintah dalam menekan angka kelahiran adalah melalui Kampung Keluarga Berencana (KB). Dusun Cembing, Trimulyo, Jetis, Bantul merupakan salah satu kampung yang kini digadang-gadang sebagai Kampung KB.

Pada Selasa (10/10), sosialisasi terkait Kampung KB digelar di Dusun Cembing,  Desa Trimulyo Bantul.  Kasi Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Bidang Keluarga Berencana Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bantul Irna Hermawati menjelaskan, Kampung KB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui program kependudukan, keluarga berencana serta pembangunan sektor terkait demi mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Menurut dia, pemilihan sebuah dusun sebagai Kampung KB karena mempertimbangkan kondisi kampung tersebut yang dinilai tertinggal dari kampung lainnya. Sebelumnya pada 2016 juga telah dilakukan pencanangan Kampung KB diantaranya di Kampung Jasem, Srimulyo, Piyungan serta sebuah kampung di Kecamatan Sedayu.

“Yang sudah keliatan memang di Jasem,  ketahan keluarga meningkat, kondisi fisik juga meningkat,” katanya kepada harianjogja.com, Selasa (10/10).

Salah satu cara meningkatkan partisipasi dan kepedulian masyarakat dalam Kapung KB tersebut menurut dia adalah dengan menggandeng tokoh masyarakat setempat.  Selama ini sejumlah hambatan menjadi kendala penerapan Kampung KB antara lain, faktor budaya, beberapa masyarakat masih sulit mengakses pelayananan KB serta kesulitan mengakses pendidikan.

lowongan pekerjaan
Marketing dan Surveyor, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

BERITA TERPOPULER
Crane Ambruk Hingga Cerita Foto Jokowi Lap Sepatu Pakai Tisu

Berita terpopuler Solopos.com hari ini adalah berita tentang Crane pembangunan hotel roboh menimpa rumah Ketua RT. Solopos.com, SOLO – Kecelakaan kerja terjadi dalam proses pembangunan Hotel Swiss Bell di Kampung Cinderejo Lor, RT002/RW006, Gilingan, Banjarsari, Solo. Crane milik PT Surya…