Arjen Robben (JIBI/REUTERS/Toussaint Kluiters)
Rabu, 11 Oktober 2017 15:25 WIB Ahmad Baihaqi/JIBI/Solopos.com Internasional Share :

Belanda Gagal ke Piala Dunia, Arjen Robben Pensiun dari Timnas

Arjen Robben memutuskan pensiun dari Timnas Belanda.

Solopos.com, AMSTERDAM – Karier Arjen Robben di Timnas Belanda dipastikan berakhir. Pemain Bayern Munchen itu memutuskan pensiun dari timnas menyusul kegagalan negaranya melaju ke putaran final Piala Dunia 2018.

Belanda gagal ke Piala Dunia 2018 meski memetik kemenangan 2-0 atas Swedia di partai terakhir Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa. Dalam partai yang dilangsungkan di Amsterdam Arena, Rabu (11/10/2017) dini hari WIB itu, Robben memborong dua gol kemenangan Belanda.

Seperti diketahui, Belanda memang membutuhkan mukjizat untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2018. Untuk bisa lolos, mereka dituntut menang dengan skor telak 7-0 atas Swedia. Hal itu demi mengungguli selisih gol milik Swedia.

Pada akhirnya, Belanda gagal. Mereka finis di posisi ketiga dengan raihan poin sama dengan Swedia di tempat kedua yakni 19 poin. Swedia pun berhak menjalani laga play-off. Sementara posisi pertama diduduki Prancis yang lolos otomatis.

Dengan kegagalan Belanda lolos ke turnamen yang digelar di Rusia tahun depan, Robben mengumumkan pensiun dari timnas. Pemain 33 tahun itu mengaku ingin fokus ke klubnya, Bayern Munich, dan memberi jalan untuk generasi lainnya di timnas.

“Saya ingin fokus ke klub saya sekarang. Ini saat yang tepat untuk memberikan obor ke generasi berikutnya,” kata Robben seperti dikutip dari Mirror.co.uk, Rabu.

Robben sudah memperkuat timnas senior Belanda sejak 2003. Dia tercatat sudah membela negaranya sebanyak 96 kali dengan mengemas 37 gol dan 29 assists. Pencapaian terbaiknya bersama timnas adalah menjadi runner-up Piala Dunia 2010, yang kala itu dikalahkan Spanyol pada laga pamungkas.

lowongan pekrjaan
Akuntansi, Administrasi,Marketing,Tehnisi ,Gudang/Driver, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Koes Plus dalam Peta Musik Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (08/01/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Wonogiri. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada Jumat, 5 Januari 2018, Yon Koeswoyo tutup usia. Beberapa tahun sebelumnya…