Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Antara) Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Antara)
Selasa, 10 Oktober 2017 15:42 WIB Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos Pendidikan Share :

UJIAN NASIONAL 2018
SMPN di Solo Kembali Laksanakan UNBK, SMP Swasta Tak Wajib

Seluruh SMPN di Solo akan melaksanakan UNBK pada tahun depan.

Solopos.com, SOLO — Semua sekolah menengah pertama negeri (SMPN) di Kota Solo akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 2018 mendatang. Sedangkan SMP swasta belum semua melaksanakan UNBK lantaran masih sebatas imbauan.

“Seperti tahun lalu, UNBK akan dilaksanakan di semua SMP negeri. Sedangkan untuk SMP swasta memang belum wajib dengan UNBK, tapi kami berharap dan mendorong sekolah yang sudah mampu untuk melaksanakan UNBK,” ujar Kasi Kurikulum Bidang SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Waliyono, saat ditemui wartawan di kantornya, Selasa (10/10/2017).

Sebagai informasi, saat pelaksanaan UNBK 2017 lalu, masih ada dua SMP negeri yang melaksanakan UNBK dengan bergabung ke sekolah lain lantaran dari sisi sarana dan prasarana saat itu belum memadai. Dua sekolah tersebut yaitu SMPN 20 yang bergabung dengan SMAN 3 Solo dan SMPN 21 yang bergabung dengan SMKN 1 Solo.

Terkait hal itu, Waliyono menyatakan untuk kali ini Disdik mendorong agar dua sekolah tersebut bisa melaksanakan UNBK mandiri. Caranya, Waliyono menyebutkan bisa dilakukan dengan pengadaan komputer atau laptop oleh sekolah.

Namun jika tidak memungkinkan, menurut Waliyono, sarana dan prasarana tetap bisa diupayakan misalnya dengan meminjam.

“Tahun lalu ada beberapa SMP negeri juga seperti itu (melaksanakan UNBK dengan meminjam komputer atau laptop). Hal itu tidak masalah, bahkan sangat membantu sehingga UNBK bisa dilaksanakan,” jelasnya.

Terkait rencana pelaksanaan UN 2018, Waliyono mengungkapkan, ada informasi tentang jadwal simulasi pertama UNBK dari pemerintah pusat yang dijadwalkan sekitar Desember 2017. Saat ini, semua SMP negeri dan SMP swasta sudah diminta untuk mempersiapkannya.

Waliyono menginformasikan, dari sekitar 75 SMP di Kota Solo, tercatat 59 SMP yang telah melaksanakan UNBK. “Kalau bisa ya UNBK itu dilaksanakan di semua sekolah, baik negeri maupun swasta,” ungkap dia.

lowongan pekerjaan
SOCIAL KITCHEN SOLO, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

Dana Pensiun Ternyata Bukan Untuk PNS Saja

“Tahun kemarin [2016] ada satu yang dilikuidasi. Bisa saja karena pendanaannya tidak kuat” Solopos.com, JOGJA-Belum banyak masyarakat yang memahami dana pensiun swasta meskipun keberadaannya telah diatur dalam Undang-Undang No 11/1992 tentang Dana Pensiun. Jamaludin Joyoadikusumo selaku Direktur Dana Pensiun Muhammadiyah…