Polisi Spanyol membubarkan massa di luar tempat pemungutan suara untuk menggagalkan referendum kemerdekaan Catalonia, di Sant Julia de Ramis, Spanyol, Minggu (1/10/2017). (JIBI/Solopos/Reuters/Albert Gea)
Selasa, 10 Oktober 2017 00:00 WIB JIBI/Solopos/Antara/Reuters Internasional Share :

Prancis Tolak Klaim Kemerdekaan Sepihak Catalonia

Prancis sudah menyatakan akan menolak klaim kemerdekaan sepihak Catalonia dari Spanyol.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah Perancis melalui Menteri Urusan Eropa Nathalie Loiseau, Senin (9/10/2017), menegaskan bahwa mereka tidak akan mengakui Catalonia jika wilayah otonomi Spanyol tersebut secara terpisah menyatakan kemerdekaan.

“Jika nanti ada pernyataan kemerdekaan, maka itu adalah sepihak dan tidak akan diakui,” kata Loiseau dalam sebuah pernyataan di stasiun televisi CNews yang dikutip Reuters.

Catalonia yang memiliki bahasa dan budaya sendiri serta dipimpin oleh pemerintah otonomi yang pro-kemerdekaan. Mereka menyelenggarakan referendum pada 1 Oktober lalu dan dianggap pemerintah Spanyol sebagai tindakan yang ilegal.

“Catalonia tidak bisa ditentukan hanya melalui pemungutan suara oleh gerakan kemerdekaan hanya seminggu lalu,” kata menteri junior Perancis itu. “Krisis ini harus diselesaikan melalui dialog oleh seluruh tingkat politik Spanyol,” katanya.

Jika tergesa-gesa mengakui pernyataan kemerdekaan sepihak Catalonia tersebut, Prancis bisa disebut lari dari tanggung jawab. Pasalnya, Prancis sebagai salah satu motor Uni Eropa bisa terkena dampaknya.

“Jika kemerdekaan diakui dan bukan merupakan hal yang sedang dibahas, maka konsekuensi pertama adalah [Catalonia] secara otomatis meninggalkan Uni Eropa,” katanya menambahkan.

lowongan pekerjaan
KLINIK BERSALIN UTAMA RB. DR. JOHAN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Kanibalisasi Akademis

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (11/01/2018). Esai ini karya Abdul Gaffar, mahasiswa Program Doktoral Psikologi Pendidikan Islam Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah c.guevar@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Dunia akademis (kampus) dihebohkan dengan isu kapitalisasi dan kanibalisasi akademis sebagai akibat…