News
Selasa, 10 Oktober 2017 - 06:35 WIB

PENDIDIKAN SOLO : SMP Muhammadiyah 7 Terapkan Aplikasi Edmodo untuk Belajar Matematika

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah siswa dan guru SMP Muhammadiyah 7 Solo belajar Matematika menggunakan aplikasi Edmodo, Jumat (6/10/2017). (Istimewa/Humas SMP Muhammadiyah 7 Solo)

SMP Muhammadiyah 7 Solo menggunakan aplikasi Edmodo untuk belajar Matematika.

Solopos.com, SOLO — SMP Muhammadiyah 7 Solo menerapkan sistem pembelajaran berbasis Internet dengan aplikasi Edmodo. Saat ini, aplikasi tersebut diterapkan untuk Mata Pelajaran (Mapel) Matematika bagi siswa di Kelas Program Global di sekolah itu.

Advertisement

Kepala SMP Muhammadiyah 7 Solo, Bambang Condro Haryadi, mengatakan program tersebut diselenggarakan bekerja sama dengan para dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

“Kami menerapkan pembelajaran Matematika dengan website Edmodo yang diciptakan dosen-dosen UNS. Harapannya pembelajaran Matematika dapat diakses lebih mudah baik oleh siswa maupun guru. Demikian juga dengan tugas serta penilaian dan sebagainya,” ujar Bambang saat diwawancarai Solopos.com, Senin (9/10/2017).

Aplikasi Edmodo merupakan platform microblogging yang dikembangkan untuk guru dan siswa dengan mengutamakan privasi siswa. Guru dan siswa dapat berbagi catatan, tautan, dan dokumen.

Advertisement

Guru juga bisa mengirimkan peringatan, pemberitahuan acara, dan tugas untuk siswa. “Tampilannya mirip Facebook atau Twitter, jadi mudah digunakan oleh pemula sekalipun. Namun, aplikasi ini khusus siswa dan guru. Dengan sistem ini, siswa dan guru bisa saling berinteraksi satu sama lain secara online baik dalam memberikan tugas, tes, dan sebagainya,” jelasnya.

Dengan diterapkannya program tersebut, Bambang berharap belajar Mapel Matematika yang bagi sebagian besar siswa tidak disukai lantaran dianggap sulit, akan menjadi menyenangkan karena dikemas dengan metode pembelajaran yang lebih menyenangkan.

Bambang menambahkan untuk pengenalan metode ini akan ada sosialisasi kepada seluruh guru Matematika Kota Solo yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika di SMP Muhammadiyah 7 Kandangsapi, Solo, Rabu (11/10/2017). Dia mengundang 30-40 guru Matematika yang terbagi enam kelompok.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif